6 Ide Desain Bangunan Warung Sembako Rumahan yang Eye Catching

desain bangunan warung sembako

Warung sembako merupakan warung yang menjual barang-barang pokok sehari-hari. Kehadiran warung sembako memang jumlah sudah tidak banyak karena saat ini sudah banyak minimarket yang ada di sepanjang jalan. Tetapi, masih ada saja daerah yang belum terjangkau minimarket sehingga masih bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin berjualan sembako. Warung sembako di kota-kota kecil masih menjadi pilihan utama, sehingga bisnis ini masih banyak dipilih sebagai usaha yang menjanjikan.

Selain kelengkapan produk yang dijual, warung sembako perlu memperhatikan desain. Dengan memperhatikan desain toko, konsumen akan nyaman berbelanja di toko Anda, sehingga produk sembako yang Anda jual akan terus mendapat keuntungan. Sebenarnya untuk membuka warung sembako rumahan Anda tidak memerlukan lahan yang besar, cukup memanfaatkan ruangan yang ada dan atur tata letak setiap rak produk dengan baik.

Ide Desain

Buat konsumen betah berbelanja

Warung sembako Anda perlu mempertimbangkan bagaimana konsumen akan berbelanja. Ini berarti melayani pembeli yang datang dengan daftar belanjaan cenderung akan lebih lama berbelanja. Perilaku ini dapat menjadi peluang bagi Anda untuk memanfaatkan apa yang konsumen perlukan. 

Studi menyatakan bahwa konsumen yang lama belanja menunjukkan menghabiskan lebih banyak waktu di dalam warung, mereka memiliki pengalaman yang lebih baik dan membelanjakan lebih banyak. Atur dengan sedemikian rupa agar konsumen bisa berbelanja dengan nyaman. Letakkan produk-produk unggulan di bagian belakang rak, sehingga konsumen memerlukan waktu untuk menjangkau produk sembari melihat produk-produk lain yang mungkin saja dibutuhkan.

Elemen interior desain

Sebagian besar warung sembako tidak memperhatikan hal ini. Padahal jika diperhatikan, konsumen bisa mendapatkan kesan yang berbeda dari warung sembako lainnya. Anda tidak perlu memasang aksesoris atau furniture yang berlebihan, desain warung cukup menggunakan elemen yang bisa mendukung terciptanya kenyamanan bagi konsumen dalam berbelanja. Cat dinding dengan warna cerah sehingga lebih menyegarkan konsumen. Pastikan bahwa warung selalu bersih walaupun produk yang Anda jual adalah produk sembako. 

Eye catching

Desain warung sembako harus eye catching. Tujuannya agar konsumen tertarik untuk berbelanja di warung Anda. Visual yang menarik akan mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu. Letakkan produk-produk unggulan Anda di bagian depan sehingga menarik konsumen untuk datang dan masuk ke warung sembako Anda. Strategi ini bisa Anda terapkan untuk warung sembako Anda. Pastikan Anda paham produk apa yang menjadi favorit konsumen, atur letaknya, dan konsumen bisa tertarik akan strategi ini. 

Rak vertikal

Warung sembako rumahan terbatas pada ruang yang sempit. Manfatkan rak dengan desain vertikal. Cara ini dapat membantu Anda menaruh lebih banyak produk. Rak vertikal juga dapat membuat letak lebih estetik karena Anda bisa mengurutkannya berdasarkan warna, misalnya jagung, wortel, dan paprika kuning. 

Pencahayaan

Desain warung sembako Anda harus memiliki pencahayaan yang cukup, lebih baik jika terang. Pencahayaan yang kurang dapat memberikan kesan kumuh, kotor, dan menakutkan. Karena produk yang Anda jual adalah sembako, maka sebaiknya di setiap lorong diberikan lampu yang terang. Pencahayaan yang baik juga akan membantu konsumen agar lebih mudah dalam memilih produk yang akan dibeli. Jangan sampai karena pencahayaan yang kurang konsumen jadi mengeluh dan tidak jadi membeli sembako di warung Anda.

Tinggi rak

Mendesain warung sembako perlu menyesuaikan dengan tinggi konsumen. Hal ini dilakukan agar konsumen bisa menjangkau produk-produk yang diletakkan di posisi yang tinggi. Memang, konsumen bisa meminta bantuan karyawan untuk mengambil produk tersebut, namun lebih baik konsumen bisa mengambil produk pilihannya sendiri agar waktu tidak terbuang begitu saja.

Keuntungan Memiliki Warung Sembako

1. Anda memiliki segmen konsumen sendiri

Begitu Anda mendirikan warung sembako di lingkungan sekitar, Anda menjadi warung langganan yang akan sering dikunjungi konsumen. Semua orang di lingkungan itu akan memanfaatkan warung Anda saat mereka memiliki kebutuhan cepat yang harus dipenuhi. Ini bisa berarti minuman, makanan ringan, tentunya barang-barang pokok sehari-hari. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk pemasaran karena Anda memiliki segmen konsumen alami berbasis lokasi.

2. Anda memiliki kesempatan untuk menetapkan harga sendiri

Anda akan membeli banyak produk yang dijual di toko Anda dengan harga grosir. Ini berarti Anda dapat mengatur sendiri, setidaknya sampai batas tertentu, seberapa besar margin keuntungan Anda nantinya. Tentu saja Anda dapat memberi harga sendiri di luar pasar jika ada beberapa minimarket dalam radius yang dekat. Tetapi Anda juga dapat membuka warung Anda lebih kompetitif dengan beberapa perubahan harga dasar saat ada banyak persaingan.

3. Bisnis Anda dapat memberikan stabilitas ekonomi.

Warung sembako memiliki tingkat pendapatan yang bisa dibilang cukup stabil. Artinya, sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki tingkat stabilitas ekonomi tertentu, bahkan ketika terjadi penurunan ekonomi. Anda juga mungkin memberikan pekerjaan kepada orang lain di sekitar lingkungan Anda, yang berarti Anda membantu bisnis lain dan orang-orang mengejar impian mereka sendiri saat Anda mengejar impian Anda.

4. Relatif mudah untuk memulai

Jika warung sembako Anda tidak menjual bahan bakar, maka persyaratan lisensi yang harus Anda ikuti untuk memulai agak mendasar. Anda mungkin memerlukan sertifikat penjamah makanan, pemeriksaan kesehatan, dan izin penjual makanan selain izin eceran. Setiap komoditas berbeda, tetapi hanya perlu beberapa hari untuk mengisi dan menyerahkan dokumen dalam banyak situasi. Tapi, pada dasarnya memulai warung sembako adalah cara bisnis yang mudah, apalagi saat ini bisnis ini merupakan model waralaba.

5. Pemasaran Pribadi

Warung sembako Anda dapat mengadakan acara pemasaran unik untuk meningkatkan hubungan pribadi antara toko dan konsumen. Karena ini adalah bisnis rumahan, maka konsumen Anda bisa saja tetangga Anda. Cara terbaik untuk pemasaran adalah dengan word of mouth dimana konsumen satu akan mereferensikan warung sembako Anda kepada orang lain berdasarkan pengalamannya berbelanja di warung sembako Anda.

6. Pemilik lebih dekat dengan konsumen

Terlepas dari manfaat obrolan online dan agen layanan pelanggan yang tersedia melalui online, hanya ada sedikit kemampuan untuk membicarakan pembelian dengan anggota staf di toko. Etalase memberi pelanggan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan Anda dapat merekomendasikan produk pelengkap atau penggunaan alternatif untuk barang yang sedang dipertimbangkan konsumen untuk dibeli. Dengan memiliki warung sembako sendiri, Anda dapat lebih dekat dengan konsumen. 

Jika Anda berencana untuk membuat warung sembako Anda sendiri, Anda bisa mulai merencanakan seperti apa warung Anda akan didesain. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan  jasa desain warung dari desainer yang ada di Fastwork. Melalui Fastwork, Anda dapat mewujudkan desain warung sembako yang Anda inginkan.Sebagai pelengkap untuk warung sembako Anda, Fastwork juga menyediakan jasa desain spanduk kreatif untuk memperkenalkan warung Anda pada konsumen. Sewa jasa freelancer di Fastwork untuk mendapatkan desain terbaik, murah, dan pekerjaan cepat selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *