Desain Warung Sederhana Ini Sangat Menarik untuk Dikunjungi!

desain bangunan warung sembako

Banyak sekali warung yang tersebar di pinggir jalan, antara satu warung dan warung lainnya memiliki ciri khas tersendiri sehingga yang melihatnya sudah tahu apa yang dijual oleh warung tersebut. Sebut saja warung tegal atau disingkat warteg dengan ciri khas tampilan piring yang ditumpuk, warung masakan padang, warung bakso, warung nasi dan lainnya. 

Warung menjadi alternatif pilihan bagi siapapun yang ingin memulai bisnis khususnya pada bisnis makanan. Bagi Anda yang ingin memulai usaha warung makan, mulailah dengan memilih makanan apa yang akan Anda jual, karena langkah tersebut dapat menentukan desain toko yang akan Anda buat, menu makanan, dan bagaimana bisnis Anda dijalankan. 

Tahap Awal Membuat Warung Sederhana tapi Menarik

1. Riset

Melakukan riset tentang desain apa yang cocok untuk produk serupa yang akan Anda jual. Riset akan memberikan Anda banyak referensi terhadap apa yang sesuai dan tidak sesuai untuk dijadikan desain. Anda juga dapat melihat apakah desain yang akan Anda jadikan referensi memiliki kelebihan dan kekurangan, dengan begitu Anda bisa melakukan perbaikan dan juga menghindari kesalahan yang dibuat oleh desain sebelumnya.

2. Produk yang dijual

Desain akan menyesuaikan dengan produk yang Anda jual. Tentu akan berbeda jika warung Anda menjual minuman kekinian seperti teh boba dengan produk lain seperti Anda memilih desain warung nasi. Desain meja, kursi, background hingga dapur tentu akan berbeda. Desain jika Anda menjual minuman akan lebih sederhana dibandingkan menjual makanan. Dapur juga akan berbeda, maka dari itu menentukan produk yang akan dijual sangat berpengaruh pada seperti apa desain warung akan dibuat.

3. Menentukan display 

Display atau tampilan adalah hal utama yang juga penting dalam menentukan desain warung. Akan sangat berbeda jika usaha adalah warung sembako dibandingkan dengan warung makan. Warung sembako memiliki ciri khas yakni rak yang banyak, yang diisi oleh berbagai produk-produk makanan dan minuman kemasan, sampo, sabun, dan produk sembako lain. 

Pada warung makanan display yang ditampilkan adalah makanan yang akan disajikan. Biasanya makanan ada di dalam etalase kaca. Desain akan menentukan bagaimana display diletakkan. Display harus bisa dilihat jelas oleh konsumen, karena itu yang akan dipilih oleh konsumen nantinya. 

4. Kebersihan warung

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan. Desain warung yang bagus akan berubah menjadi buruk saat kebersihan tidak diperhatikan. Diutamakan jika Anda usaha warung makan, kebersihan harus selalu dijaga.

5. Kenyamanan konsumen

Pentingnya desain adalah untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen. Anda bisa saja membuat warung dengan desain seadanya, namun hal tersebut tidak akan membuat konsumen nyaman. Atur dengan sesuai selera Anda bagaimana desain bisa membuat konsumen nyaman. Pencahayaan, udara, ruang, serta warna desain adalah beberapa pertimbangan yang bisa Anda pikirkan.

Referensi Warung Sederhana tapi Menarik

Gaya vintage

Memilih desain vintage berarti warung Anda akan bernuansa tahun 90-an. Mungkin jarang warung yang menggunakan desain ini, tetapi tidak ada salahnya untuk Anda menggunakan desain ini, malah bisa jadi desain vintage menjadi daya tarik tersendiri. Desain vintage erat kaitannya dengan penggunaan aksesoris retro seperti radio jadul, vinyl, kaset, dan lukisan-lukisan bergaya kuno.

Warna untuk desain vintage didominasi oleh warna-warna monokrom. Walaupun warung Anda sederhana, dengan menggunakan desain ini, warung Anda akan tampil dengan lebih elegan dan unik. Warung dengan gaya vintage ini cocok jika Anda kan berbisnis coffee shop atau dessert.

Menggunakan kontainer

Kontainer yang sudah tidak terpakai ini menjadi tren di kalangan para pebisnis makanan. Untuk menghemat budget dan lahan, kontainer dipilih sebagai alternatif lain untuk membuka warung. Ukurannya yang panjang dan besar cocok digunakan untuk berjualan. Sudah bukan hal yang baru jika menggunakan kontainer untuk jualan, selama Anda bisa mendesain dengan memadukan berbagai elemen, menggunakan kontainer bukanlah hal yang aneh.

Teras rumah

Jika Anda memiliki lahan teras yang luas, maka lahan tersebut bisa digunakan untuk membuka warung. Desain warung yang ada di teras rumah akan lebih sederhana dibandingkan di ruko atau lahan lain yang tidak ada di halaman rumah. Anda bisa menggunakan tenda jika teras rumah tidak ada atapnya. Meja portable bisa Anda gunakan sebagai tempat bagi konsumen makan atau minum. 

Memang memerlukan usaha lebih untuk mendesain warung yang ada di teras, namun saat ini Anda bisa menggunakan aksesoris pendukung, seperti lampu tumblr, wallpaper, atau speaker agar konsumen tetap nyaman walaupun berada di teras rumah. 

Mini bar

Karena terbatasnya ruang, desain mini bar biasanya menjadi pilihan yang sesuai. Anda tidak memerlukan meja tambahan, karena biasanya sudah menyatu dengan bagian open kitchen, hanya tambahan kursi-kursi dengan ukuran tinggi untuk melengkapi. Desain ini juga biasanya bernuansa kayu atau classic. Tidak memerlukan desain khusus yang terlalu rumit, karena mini bar ukurannya sangat sederhana, desain yang terlalu rumit akan membuat warung terkesan semakin sempit.

Letter L

Lagi-lagi, karena sederhananya ruang, Anda harus bisa memanfaatkan semua ruang yang ada dan desain letter L ini bisa menjadi pilihan. Misalnya warung makan dengan letter L, konsumen tidak bisa berhadapan dengan teman makannya, melainkan duduk bersebelahan. Desain letter L ini termasuk ide bagus karena Anda tidak perlu memperluas lahan namun tetap bisa membuat konsumen nyaman ada di dalam warung untuk menikmati apa yang Anda sajikan.

Gerobak

Biasanya desain ini dimiliki oleh warung yang berjualan bakso, soto, atau makanan berkuah lainnya. Bukan tanpa sebab, selain fungsinya sebagai pengganti kitchen, gerobak ini juga bisa memberikan efek estetika kepada para konsumen. Gerobak yang ada di dalam warung dapat menjadi pemandangan unik, karena belum tentu warung lain menggunakan desain ini pada usahanya. 

Gazebo

Desain ini sering Anda temui di warung yang menjual makanan khas sunda. Gazebo atau saung ini dipilih untuk lebih dekat dengan konsumen karena akan memberikan pengalaman tersendiri. Walaupun warung Anda ukurannya sederhana, Anda bisa menggunakan desain gazebo di dalam ruangan. Gazebo ini dapat menjadi pengganti meja dan kursi. 

Itulah beberapa ide warung sederhana tapi unik yang bisa Anda jadikan inspirasi. Desain yang Anda inginkan juga bisa Anda wujudkan dengan menggunakan jasa desain. Fastwork menyediakan Anda jasa desain warung sesuai dengan yang diinginkan. Freelancer yang ada di Fastwork bersedia untuk memvisualisasikan ide desain warung Anda. Supaya warung Anda diketahui banyak orang, Anda bisa juga menggunakan desain spanduk  kreatif dari Fastwork. Spanduk tersebut dapat berfungsi untuk memberi tahu calon konsumen Anda terkait dengan produk yang Anda jual di warung. Tidak ada lagi kesan kuno jika Anda membuka warung menggunakan jasa desain dari Fastwork. Apa yang Anda inginkan ada di warung Anda bisa tercipta dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *