7 Tips Memilih Fotografer Pernikahan yang Tepat

fotografer pernikahan

Berburu jasa fotografi pernikahan memang lebih rumit jika dibandingkan dengan vendor pernikahan lainnya. Tidak seperti musik, dekorasi, kue atau catering pernikahan, foto bukanlah sesuatu yang bisa dicicipi, dicium, didengar atau bahkan dilihat pada awalnya.

Itu artinya, seorang fotografer pernikahan yang sesuai impian hanya bisa ditemukan melalui riset yang cermat dan seleksi ketat berdasarkan pada keterampilan profesional, gaya artistik dan sikap pribadi.

Berikut 7 tips yang wajib kamu terapkan untuk menemukan fotografer pernikahan yang hebat. Baca setiap poin dengan teliti agar kamu tidak sampai salah pilih dan menyesal dikemudian hari.

special40

1. Menetapkan style

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai melakukan riset fotografer adalah menetapkan jenis style fotografi yang kamu inginkan.

Ini akan mempermudah kamu dalam menentukan tipe fotografer yang paling sesuai untuk mengabadikan momen pernikahan.

Carilah inspirasi sebanyak-banyaknya mulai dari feed instagram para blogger mode, foto-foto dekorasi hingga foto-foto pernikahan artis ternama.

Setelah data terkumpul, cobalah untuk mempersempit apa yang paling menarik minat kamu secara khusus dan membedah apa yang terasa paling otentik bagi kamu dan pasangan.

Jika kamu menyukai bidikan yang tajam dan kontras, mungkin seorang fotografer dengan bakat dramatis adalah pilihan yang tepat buatmu.

Pada dasarnya, kamu tidak perlu mempersempit satu gaya secara khusus karena banyak fotografer pernikahan dapat melakukan perpaduan beberapa style yang membuat foto pernikahan menjadi unik.

Tetapi jika ada gaya khusus yang kamu sukai, pastikan untuk fokus pada fotografer yang berkompeten di bidangnya.

2. Tidak malas mengumpulkan informasi

Kamu bisa memulai pencarian fotografer dengan membaca ulasan dari pengantin baru dan menelusuri daftar lokal.

Lihatlah dengan seksama situs web dan blog dari fotografer yang kamu incar untuk melihat hasil kerja mereka sehingga kamu mendapatkan gambaran yang cukup jelas tentang bagaimana gaya mereka.

Desain situs web mungkin bisa membantu menunjukkan kepekaan dan kepribadian fotografer. Agar lebih yakin, kamu bisa juga memeriksa halaman Facebook, Instagram dan Twitter mereka untuk mengetahui respon mereka kepada klien dan juga keluhan-keluhan yang disampaikan klien jika memang ada.

3. Lakukan wawancara

Atur pertemuan langsung dengan tiga hingga lima fotografer potensial yang tersedia pada tanggal pernikahanmu untuk melihat lebih banyak tentang pekerjaan mereka dan menilai apakah kamu menyukai kepribadian mereka.

Bersiaplah untuk berbicara tentang tempat, gaya pernikahan dan apa yang kamu impikan untuk foto pernikahan.

4. Lihat beberapa album foto secara lengkap

Jangan mendasarkan keputusan hanya pada apa yang kamu lihat di galeri atau album sorotan fotografer. Biasanya para fotografer menunjukkan kepada calon klien portofolio dari gambar terbaik mereka, semuanya dari pernikahan yang berbeda.

Sehingga kamu melihat yang terbaik dari yang terbaik namun tidak mendapatkan gagasan yang menyeluruh tentang pekerjaan mereka.

Minta mereka untuk menunjukkan dua atau tiga album secara lengkap dari pernikahan asli yang telah mereka potret sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang seperti apa koleksi foto pernikahanmu kelak.

Jika kamu menjumpai foto-foto dalam album sama cantiknya dengan yang ada di galeri sorotan artinya kamu telah berada pada jalur yang tepat.

5. Tinjau album dengan mata kritis

Saat mengulas album fotografer, cari momen-momen penting yang ingin kamu ambil, lihat pencahayaan foto, ketepatan bidikan dan juga sensitivitas dalam menangkap emosi seseorang.

Meskipun kamu dan pasangan adalah pemeran utama dalam pernikahan, tentunya kamu juga ingin melihat orang-orang di sekitarmu tertangkap kamera dalam senyum yang bahagia bukan.

6. Pastikan kepribadian kalian ‘klik’

Untuk mendapatkan foto terbaik, bekerjalah dengan seorang yang profesional dan memiliki pemahaman sosial yang kuat tetapi cukup berani untuk berburu gambar yang bagus dan, yang paling penting, mereka bisa membuat kamu merasa nyaman dan tidak membuat jengkel dalam situasi apapun.

Ingatlah, fotografer akan membayangi setiap gerakan kamu. Semakin kamu merasa nyaman dengan mereka, semakin baik foto-foto yang dihasilkan.

7. Membandingkan Paket

Biaya pemotretan tidak bisa dipastikan sampai kamu yakin dengan apa yang kamu inginkan, berapa banyak album yang dibutuhkan dan posisi sang fotografer.

Untuk itulah, tidak ada salahnya untuk menanyakan kisaran umum berdasarkan biaya pengambilan gambar dan biaya paket, tarif standar untuk jenis album yang kamu inginkan, dan biaya booking fotografer termasuk untuk hari kerja dan weekend.

Cari tahu juga harga paket standar dan setiap tambahan yang kamu butuhkan. Intinya, kamu mesti menanyakan rincian biaya dengan jelas sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Momen pernikahan yang terjadi hanya sekali seumur hidup sudah sepantasnya jika diabadikan secara sempurna dengan bantuan fotografer yang hebat.

Meski tidak mudah mendapatkannya, dengan bantuan beberapa tips di atas, fotografer yang kamu idamkan tentu akan segera kamu temukan.

Bagi yang tidak mau ribet, kamu bisa mempercayakan segala urusan fotografi baik untuk prewedding dan wedding kepada Fastwork.

Jasa fotografi Fastwork menawarkan hasil foto impresif yang dibidik oleh fotografer-fotografer yang berpengalaman dengan harga yang terjangkau. Untuk apa membayar lebih jika kamu bisa mendapatkan kualitas yang sama dengan harga yang lebih miring di Fastwork.

Platform jasa freelancer No. 1 di Indonesia Fatswork juga menawarkan jasa fotografi untuk event-event penting seperti foto seminar, foto produk dan juga foto makanan yang Instagrammable. Untuk info lebih lanjut silahkan mengunjungi situs web fastwork.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *