Keahlian yang Wajib Dimiliki Seorang Desainer Grafis

keahlian desainer grafis

Jika kamu mencari pekerjaan yang membebaskan diri untuk menuangkan kreativitas, ditambah lagi dengan janji bayaran tinggi, desainer grafis jadi sebuah jawaban paling pas.

Profesi sebagai desainer grafis selalu dibutuhkan dimanapun dan kapanpun. Nyaris setiap perusahaan di dunia setidaknya memiliki satu orang desainer grafis di tim mereka.

Meski begitu, kemampuan yang dibutuhkan untuk dapat diperhitungkan dalam profesi ini cukup spesifik. Karena itu penting juga bagi kamu untuk mendapat sedikit insight tentang profesi tersebut. Nah, apa saja keahlian yang dibutuhkan untuk menjadi desainer grafis handal?

Keahlian di Bidang Desain Cetak

Perbedaan generasi berpengaruh dalam keahlian yang mendalam di bidang desain grafis, terutama desain cetak. Meskipun generasi desainer grafis muda umumnya lebih mahir di lahan digital, namun dibandingkan dengan desainer grafis yang lebih senior, pemahaman desainer muda di bidang desain cetak masih kurang.

Meskipun perkembangan desain digital terus menerus meningkat, tidak bisa dipungkiri bahwa media cetak masih sangat signifikan dalam industri desain.

Kemampuan untuk dapat memvisualisasikan desain di layar digital, supaya hasilnya bisa dicetak, merupakan sebuah keahlian pengetahuan dasar yang wajib dimiliki seorang desainer grafis.

Kemampuan Copywriting

Konon katanya visual bisa lebih ‘berbicara’ ketimbang kata-kata, namun bukan tidak mungkin kombinasi kata-kata dan visual bakal memberi efek lebih baik bagi penikmat grafis. Di sinilah kemampuan copywriting juga penting dimiliki seorang desainer grafis.

Copywriting sendiri merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk memproduksi tulisan yang berfungsi menarik perhatian pembaca untuk berinteraksi dengan informasi yang ingin disampaikan.

Seni persuasi yang tinggi, berbicara dengan singkat dan padat, dan tentunya atraktif, merupakan elemen yang penting dalam sebuah copywriting. Skill satu ini penting bagi seorang desainer grafis, terutama bila urusannya adalah untuk menyajikan konten untuk keperluan marketing, misalnya.

Mahir Menggarap Ilustrasi dan Karikatur

Kendati desain grafis yang mengedepankan metode digital sudah menjadi sesuatu yang umum dilakukan banyak desainer, kemampuan menggarap ilustrasi dan karikatur tidak bisa disepelekan.

Dengan kemahiran mencipta ilustrasi dan karikatur menarik, kemampuan kamu sebagai desainer akan bertambahan. Selain itu portfolio kamu bakal tambah cemerlang.

Ada banyak kesempatan dimana sebuah perusahaan akan melirik kamu karena kemampuan lebih dalam menciptakan ilustrasi dan karikatur.

Mampu Membuat Animasi

Seiring dengan berkembangnya teknologi visual, gambar statis jadi kurang menarik dibanding gambar bergerak. Pada dasarnya manusia lebih suka menikmati sajian visual dalam bentuk video, karena biasanya menawarkan informasi lebih banyak dibanding gambar statis.

Karena itu, informasi lebih mudah dicerna ketika disampaikan dalam bentuk animasi (animated). Itulah mengapa penting bagi seorang desainer grafis untuk mengasah kemampuannya dalam membuat animasi yang mampu menarik lebih banyak target audiens.

Skill Fotografi yang Mumpuni

Sama halnya ketika menyunting gambar, kemampuan fotografi jadi sebuah keahlian yang harus dimiliki seorang desainer grafis. Artinya desainer kekinian dituntut untuk memiliki kemampuan visual lebih.

Kemampuan fotografi jadi penting artinya ketika, misalnya, desainer menerima pekerjaan penggarapan foto produk. Di situ dia dituntut untuk menghasilkan gambar produk sesuai kebutuhan klien.

Itulah kira-kira beberapa keahlian yang wajib dimiliki oleh seorang desainer grafis. Namun tidak kalah pentingnya, seorang desainer grafis yang baik jelas harus mampu berpikir kreatif dan solutif, karena permintaan klien bisa menjadi sangat variatif.

Di atas semua hal yang diceritakan di atas, seorang desainer yang baik sebaiknya mampu menjembatani antara kreativitas dengan tuntutan pasar. Kalau bisa melakukan itu, kamu akan dikenal sebagai desainer jempolan.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *