Ingin Profilmu Dilirik Pelanggan? Ini 4 Hal yang Harus Kamu Perhatikan!

membuat profil pekerjaan menarik

Hi Freebuddies! Sebagai freelancer di situs website online, tentunya kesempatanmu bertemu dengan pelanggan tinggi. Namun, daya saing sesama freelancer pun juga semakin tinggi.

Oleh karena itu, kamu harus bisa menarik pelanggan untuk melihat kita dan akhirnya memilih menggunakan jasa kita. Salah satu cara menarik pelanggan adalah dengan “kepercayaan”.

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat portofolio online/halaman profil kita menjadi menarik dan profesional. Hari ini, kita akan membahas tentang teknik mudah untuk membuat profil yang menarik perhatian pelanggan dan mendapatkan nilai kredibilitas yang tinggi hingga pelanggan tertarik menggunakan jasa kamu!

special40

Masukkan informasi yang cukup

Coba bayangkan jika kita yang berada di posisi pelanggan yang melihat profil kita, dimana juga banyak jutaan freelancer lainnya untuk dipilih. Maka dari itu, pastikan kamu menulis secara lengkap informasi yang dibutuhkan pelanggan untuk mengenal kamu dan mengetahui kemampuan kamu.

Hal-hal yang bisa dituliskan antara lain:

  • Skill yang kamu miliki. Tunjukan pula sertifikat yang mendukung jika ada.
  • Riwayat pekerjaan.
  • Kelebihan/keuntungan yang didapatkan jika pelanggan menggunakan jasamu.
  • Jenis pekerjaan yang kamu tawarkan, dituliskan secara detil.

Tuliskan semua informasi penting agar pelanggan lebih mudah membuat keputusan untuk mempekerjakanmu atau tidak. TIPS: Gunakan bullet points/ tuliskan perpoin dan tidak berupa paragraf agar informasi yang kamu sampaikan lebih rapi dan jelas.

Setiap ulasan bermanfaat

Jangan sampai ulasan buruk menjadi penyebab kamu kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan. Setelah menyelesaikan pekerjaan, minta pelanggan untuk selalu memberikan ulasan.

Jika kita tidak mengerjakan pekerjaan tersebut dengan maksimal, besar kemungkinan pelanggan akan meninggalkan ulasan buruk, yang tentunya jika dibaca oleh calon pelanggan mungkin akan membuat dia ragu dan memutuskan tidak menggunakan jasamu.

Maka dari itu, selalu kerjakan pekerjaan dengan maksimal dan bangun hubungan dengan pelanggan. Selain hasil pekerjaan yang baik, balasan chat dari freelancer ke pelanggannya merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan ulasan baik.

Freelancer bisa dihubungi kapan saja, komunikasi dan pelayanan yang baik akan meninggalkan kesan baik di pelanggan sehingga kita bisa mendapatkan ulasan yang baik. Ingatlah bahwa ulasan-ulasan ini sangat berguna untuk menarik calon pembeli agar lebih percaya terhadap kita.

Masukkan karya terbaikmu ke dalam halaman profil/portofolio.

Selain mencantumkan riwayat pekerjaan atau skill yang dimiliki, disarankan juga untuk memasukkan hasil karya terbaik dan juga foto-foto pencapaian yang tentunya sesuai dengan jasa freelance yang ditawarkan.

Hal ini akan membantu untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap kita. Misalkan artikel yang kamu buat dimuat di majalah bergengsi, silahkan masukan foto tersebut ke profilmu.

Tuliskan juga jenis pekerjaan yang kamu cari.

Hal ini merupakan salah satu poin penting yang kamu tuliskan, demi hasil bekerja yang maksimal dan kenyamanan bekerja. Misalkan kamu lebih cocok mengerjakan desain untuk produk-produk wanita, tapi pelanggan ingin kamu mendesain produk suplemen untuk pria, tentunya kamu akan kesulitan dan tidak akan maksimal dalam pengerjaannya yang bisa berujung ke ulasan buruk. Sehingga hal ini perlu ditulis secara spesifik untuk memudahkan kedua belah pihak.

Nah, 4 teknik tersebut dipastikan akan sangat membantu untuk meningkatkan kredibilitas profilmu dan tentunya akan menarik pelanggan lebih banyak untuk menggunakan jasamu. Jangan lupa diaplikasikan ya!

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *