7 Perbedaan Blog dan Website Untuk Diketahui

Blog merupakan salah satu jenis dari website. Satu-satunya perbedaan yang ada antara blog dan jenis website lainnya yaitu umumnya blog diperbarui secara teratur dengan konten baru, yang ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (posting blog baru terlebih dahulu).

Website biasanya bersifat statis dimana konten diatur dalam halaman, dan tidak sering diperbarui. Sedangkan blog itu dinamis, dan biasanya lebih sering diupdate. Beberapa blogger menerbitkan beberapa artikel baru setiap hari. Blog dapat menjadi bagian dari website besar. Seringkali bisnis-bisnis memiliki bagian blog di mana mereka secara teratur membuat konten untuk menginformasikan dan mendidik pelanggan mereka.

Anda dapat menggunakan WordPress untuk membuat website dan blog, itulah sebabnya banyak pemilik bisnis menggunakan WordPress untuk membangun website bisnis kecil mereka. Secara sederhana, semua blog bisa menjadi website atau bagian dari website. Namun, tidak semua website bisa disebut blog. Anda bisa meminta bantuan freelancer kami untuk jasa pembuatan blog dengan penawaran harga yang menarik.

Manakah yang Lebih Baik, Website atau Blog?

Sebagai pemula, Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda harus memulai blog atau mempublikasikan website, mana yang lebih baik? Sejujurnya, jawaban atas pertanyaan ini sangat tergantung terhadap apa tujuan Anda.

Banyak UMKM di Indonesia bahkan di seluruh dunia memiliki website konvensional yang hanya terdiri dari halaman dan tanpa blog. Website kecil seperti itu sering dibuat untuk menghadirkan website yang kaya akan informasi untuk bisnis, organisasi, atau individu.

Di sisi lain, makin banyak bisnis yang menyadari potensi blog dalam strategi pemasaran mereka secara keseluruhan. Pemilik bisnis membuat bagian blog terpisah dari websita mereka dan menggunakannya untuk mendapatkan lebih banyak kunjungan dari mesin pencari. Hal itu karena blog terbukti dapat meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO).

Baca juga:  Apa Itu Google AMP (Accelerated Mobile Pages)?

Blog juga dilengkapi dengan fitur RSS feed yang memungkinkan pengguna untuk tetap update dengan postingan terbaru Anda. Ketika postingan baru saja diterbitkan, feed RSS akan diperbarui secara otomatis.

Seorang marketer yang cerdas seringkali menghubungkan feed RSS dengan newsletter email atau push notification web untuk mengirimkan pengguna mereka notifikasi pemberitahuan tentang postingan terbaru, pengumuman mengenai produk, dan masih banyak lagi.

Apa Sih Perbedaan Blog dan Website?

WordPress merupakan platform blogging paling populer dan sistem manajemen konten yang terbaik. Secara default, sudah tersedia dua jenis konten: postingan dan halaman. Seringkali pemula bingung antara keduanya.

Postingan blog ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (terbaru ke terlama) di halaman blog, karena berpatokan dengan waktu sehingga pengguna atau pembaca harus menggali lebih dalam untuk melihat postingan lama.

Halaman statis adalah konten jenis “one-off” seperti contohnya halaman tentang Anda, halaman kontak, halaman arahan produk atau layanan, halaman beranda, dan banyak lagi lainnya. Halaman biasanya digunakan untuk membuat struktur dan tata letak situs web. Bahkan blog dapat memiliki halaman juga di dalamnya.

Apa Saja Manfaat Blogging?

Setiap blogger memiliki motivasi mereka sendiri untuk blogging. Banyak dari mereka menggunakannya sebagai alternatif untuk membuat buku harian atau jurnal. Situs blogging memberi mereka tempat untuk berbagi kreativitas dan ide mereka kepada khalayak yang lebih luas.

Merek dan bisnis terkenal membuat blog untuk mendidik pelanggan mereka, berbagi berita, dan menjangkau audiens lebih banyak lagi. Blogging adalah bagian penting dari strategi pemasaran online bagi banyak bisnis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari blogging.

  • Memberikan kesempatan untuk membagikan isi pikiran dan ide Anda
  • Memungkinkan Anda untuk menunjukkan keahlian, kreativitas, dan bakat Anda
  • Membantu seseorang agar bisa lebih terpercaya di industri mereka
  • Membantu Anda bersosialisasi dengan orang-orang yang berpikiran sama secara online
  • Banyak blogger menghasilkan uang dari blogging menggunakan berbagai metode monetisasi
  • Bisnis dapat menggunakan blogging untuk membawa lebih banyak pelanggan yang potensial ke situs web mereka
  • Organisasi nirlaba dapat menggunakan blog untuk meningkatkan awareness serta menjalankan kampanye di media sosial, dan memengaruhi opini publik
Baca juga:  Cara Membuat Website eCommerce Pertama Anda dengan Mudah

Sudah cukup jelas bukan perbedaan blog dan website? Kini Anda mungkin sudah lebih yakin untuk memesan jasa pembuatan website terbaik dari para freelancer yang tersedia di Fastwork.id. Yuk, mulai untuk membuat website baru sekarang juga!


Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa pembuatan website toko online, jasa pembuatan website WordPressjasa pembuatan software, dan juga jasa pembuatan game untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *