5 Prinsip yang Harus Anda Tahu dalam Mendesain Logo

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam jasa desain logo agar mereka dapat membantu Anda dalam menghasilkan sebuah logo yang sempurna.

Logo yang hebat sederhana, sesuai, terhubung dengan kualitas perusahaan Anda, menyampaikan pesan yang dimaksud, dan relevan dengan target audiens.

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa Anda dapat melihat desain logo yang sangat baik dari jarak yang sangat jauh? Ambil contoh: McDonald’s, Nike, Walmart, Sears, Apple, Hertz, dan 7 Eleven. Logo-logo ini bekerja dengan baik dalam berbagai ukuran pada berbagai media.

Jadi, tidak mengherankan bahwa perusahaan menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan identitas mereka dan mencapnya di mana-mana. Desain logo yang kreatif dan efektif telah membuat perusahaan lebih mudah dibedakan dan diingat. Jadi pastikan Anda menerapkan prinsip-prinsip desain logo ini (urutan tertentu):

  • Sederhana
  • Timeless
  • Serba guna
  • Berkesan
  • Relevan
special40

1. Desain Logo Sederhana

Orang menghargai logo yang bersih, sederhana, dan dasar. Beberapa logo terbaik menunjukkan prinsip ini dengan baik, dan Nike, Apple, Fedex dan Walmart adalah contoh yang baik. Memiliki logo yang sederhana memungkinkan untuk mudah dikenali.

Faktanya, 75% dari perusahaan besar menggunakan satu atau dua warna dalam desain logo mereka. Terlalu banyak warna dapat membuat logo Anda sulit untuk melihat atau menyampaikan pesan yang salah. Desain logo yang efektif menggunakan satu hingga tiga warna. Hindari kesalahan umum menggunakan terlalu banyak warna atau termasuk gambar raster dalam desain logo Anda.

2. Timeless

Desain logo terbaik dapat dilihat ketika mereka sangat kecil di atas pensil atau sangat besar di papan reklame. Logo pada akhirnya berakhir pada berbagai media dan harus dapat digunakan dalam semua jenis situasi. Untuk alasan ini logo harus dirancang dalam format vektor, untuk memastikan bahwa itu dapat diskalakan dengan ukuran berapa pun.

Baca juga:  15 Jenis Font Terbaik untuk Desain Grafis

Logo yang terlalu vertikal atau horizontal akan menjadi sulit dibaca ketika diperbesar atau diperkecil ukurannya. Tidak masalah seberapa mewah atau keren logo Anda terlihat jika tidak mudah dilihat. Percaya atau tidak, banyak logo menggunakan font San Serif yang umum.

Font yang populer adalah Arial, Myriad, Verdana dan Open Sans. Hanya sekitar sepertiga dari logo yang menggunakan font Serif seperti Times New Roman atau Garamond.

3. Berkesan

Anda ingin orang mengingat logo Anda lama setelah mereka melihatnya. Buat desain logo Anda unik sehingga akan melekat di benak pelanggan Anda dan dikenali saat mereka melihatnya. Orang dibanjiri dengan ratusan logo setiap hari, jadi Anda ingin logo Anda menjadi khas, mudah diingat, dan jelas.

Jadikan Proporsional dan Seimbang

Logo terbaik dirancang menggunakan prinsip proporsi dan simetri. Anda dapat melihat bagaimana logo Apple dan logo Twitter menggunakan lingkaran nilai proporsional serta simetri untuk menciptakan kualitas estetika yang seimbang dan menyenangkan.

Desain logo untuk Bekerja Dalam Satu Warna

Logo digunakan dalam sejumlah besar lingkungan, beberapa di antaranya memerlukan logo untuk direproduksi dalam skala kecil atau dalam warna terbatas, oleh karena itu penting untuk memastikan bahwa desain logo berfungsi dalam format mono.

Tunjukkan Bagaimana Logo akan Bekerja Dalam Konteks

Logo dapat digunakan untuk berbagai keperluan, dari alat tulis bisnis hingga grafik kendaraan. Mengetahui usulan penggunaan logo klien dapat membantu menyesuaikan konsep untuk memberikan preview bagaimana mereka akan bekerja dalam konteks.

Buat Pilihan dalam Hal Pewarnaan

Warna adalah salah satu aspek kunci dari desain apapun, psikologi dan kesan yang diberikan masing-masing warna dapat secara dramatis mengubah pesan dan daya tarik keseluruhan dari suatu desain. Dengan desain logo yang terkait erat dengan penyajian nilai-nilai kunci, pilihan warna sangat penting.

Baca juga:  Cara Membuat Infografis Menarik dengan Mudah

4. Serbaguna (Versatile)

Logo terbaik haruslah bisa diaplikasikan dalam berbagai macam media. Biasanya logo ini dibuat dalam format vektor (bukan bitmap) agar logo tersebut bisa disesuaikan ke dalam berbagai jenis ukuran. Dalam melakukan pengecekan terhadap logo yang kita buat, kita dapat menanyakan beberapa hal ini:

Apakah logo tersebut bisa diterapkan pada bidang inverse? misalkan warna background gelap.

  • Apakah logo tersebut dapat dicetak dengan satu warna?
  • Apakah logo tersebut masih jelas saat dicetak di media seukuran perangko?
  • Apakah logo tersebut dapat diaplikasikan pada media sebesar papan billboard?
  • Apakah logo tersebut bisa diterapkan pada bidang inverse? misalkan warna background gelap.

5. Relevan

Tidak masalah seberapa baik logo Anda mengikuti prinsip-prinsip di atas jika tidak terhubung dengan kualitas perusahaan Anda dan audiens target Anda. Anda ingin orang mengaitkan logo Anda dengan perusahaan Anda. Jadi logo Anda harus relevan dengan target audiens Anda.

Jadikan Modern Namun Abadi

Logo yang baik harus abadi dan tidak dimakan oleh usia. Jadi, sebelum Anda memutuskan mendesain logo, pertama-tama coba tanyakan apakah logo tersebut masih efektif pada 10, 20 atau bahkan 50 tahun.

Pendekatan keseluruhan Anda harus modern seperti elemen, warna, dan tipografi khusus.

Beberapa logo telah berubah sedikit dari waktu ke waktu, hanya di-tweak untuk membuatnya lebih modern tetapi tetap mempertahankan elemen-elemen penting, seperti UPS, Starbucks dan Burger King.

Agar logo Anda melakukan apa yang diharapkan, Anda harus terlebih dahulu memahami apa nilai dan makna Anda bagi pelanggan dan prospek terbaik Anda. Kemudian, dengan mengikuti prinsip-prinsip desain yang merupakan dasar dari beberapa logo terbaik dunia, Anda akan memiliki simbol yang mewakili sesuatu.

Baca juga:  Desain Undangan Pernikahan yang Menginspirasi

Logo tidak pernah dapat mewakili segala sesuatu yang perusahaan, tawarkan atau inginkan, tetapi logo yang bagus akan mengatakan sesuatu yang berbeda yang secara alami akan ditanggapi oleh target Anda.

Apabila Anda ingin melihat contoh dan desain model logo yang baik, Anda bisa mengunjungi Fastwork.id. Disana telah terpajang berbagai macam desain logo karya para desainer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top