Teknik Membangun Branding di Instagram

Image credit: Neil Patel

Apakah kamu memiliki merek atau brand untuk bisnis kamu? Pastinya kamu pengen dong supaya lebih banyak orang mengenal merek kamu tapi gimana sih cara masarinnya yang efektif?

Nah kali ini kami ingin membagikan beberapa kiat untuk melakukan branding di platform sosial semilyar umat di jaman ini yaitu Instagram atau IG.

Bener loh bahwa Instagram sudah memiliki lebih dari 1 milyar pengguna di tengah tahun 2018.

Berikut beberapa trik dasar dalam melakukan branding di Instagram

Buat akun bisnis di Instagram

Ya uda pasti dipisah supaya ga kecampur antara posting pribadi sama bisnis kamu. Kalo uda paham bisa langsung ke poin berikutnya tapi kalo mau penjelasan lebih, silahkan lanjut.

Nah membuat akun khusus bisnis ini juga supaya kita bisa memilih nama yang sama atau dekat dengan merek yang mau kita pasarkan.

Jangan lupa untuk menggunakan nama akun tersebut di platform sosial lain seperti Facebook atau Twitter. Gambar profil juga lebih baik sama.

Pasang tautan ke website di bagian profil

Penting banget buat naro tautan atau link ke website kamu di profil karena itulah satu-satunya tempat di mana linknya bisa langsung diklik.

Ini berguna buat menambah traffic ke website kamu ketika akun Instagram mulai populer. Oh, dan jangan lupa juga masukin rincian brand kamu di bagian profil.

Konten, Konten, dan Konten

Hal utama untuk branding di Instagram sudah pasti konten. Apa konten yang original dan hanya bisa ditemukan di Instagram kamu? Apa karakter dari merek kamu yang ingin kamu tonjolkan? Semua ini perlu dipikirin.

Terus, jangan cuma posting buat jualan aja. Konten kamu itu perlu menarik, berguna dan emang worthy untuk di-share bagi followers kamu.

Perhatikan kualitas gambar 

Mau ide konten sebrilian apa tapi gambarnya burem pasti akan memberikan kesan negatif untuk bisnis kamu.

Gambar harus minimal 1080 × 1080 pixel jadi jangan lupa ingetin desainer (atau diri kamu sendiri) untuk selalu menggunakan gambar yang ga pecah di resolusi segitu.

Konsistensi adalah kunci

Konsistensi merupakan salah satu kunci utama dalam membangun sebuah merek di Instagram. Konsisten dalam hal jumlah postingan, konsisten dalam pesan yang disampaikan, konsisten dalam hal gaya bahasa, konsisten dengan warna yang ditonjolkan. Semakin konsisten, semakin kuat brandingnya.

Waktu nge-post juga penting!

Nah Instagram sudah nyediain analytics supaya kamu bisa tau follower kamu kebanyakan onlinenya jam berapa.

Cek dan pastiin kamu schedule postingan kamu di jam yang emang rame. Semakin rame yang liat merek kamu tentunya semakin besar manfaat yang akan didapat.

banner fastwork id

Sumber:
How to Build Your Brand with Instagram by Pilar in Blogroll, Freelancers, Small Business, Tips & Advice

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *