Apa itu eCommerce, Manfaat Serta Keuntungannya

apa itu ecommerce

Banyak yang bertanya apa itu e-commerce, manfaat serta keuntungannya, terutama bagi mereka yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan internet.

Kalau Freebuddies adalah salah satu yang masih belum mengerti tentang topik ini, telah menemukan artikel yang tepat.

Disini akan dibahas tentang apa yang sebenarnya dimaksud dengan e-commerce, apa saja manfaat yang diberikan dan keuntungan-keuntungan darinya.

Apa itu eCommerce?

eCommerce adalah istilah untuk menyebut aktivitas perdagangan elektronik, seperti aktivitas penjualan, pembelian, penyebaran, pemasaran baik untuk produk barang maupun produk jasa.

Teknologi elektronik yang digunakan adalah perangkat seperti televisi, internet, jaringan komputer dan lainnya.

Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce seperti transaksi konvensional, bisa terjadi diantara sesama pebisnis atau antara pebisnis dengan pelanggannya.

Manfaat eCommerce

Pertanyaan berikutnya setelah mengetahui maksud dari istilah e-commerce biasanya adalah tentang manfaat e-commerce. Secara umum, terdapat beberapa manfaat yang diberikan yaitu :

Memudahkan aktivitas pemasaran produk secara online atau digital markerting, baik itu produk barang maupun jasa karena dibantu dengan teknologi elektronik yang mencakup pasar secara luas

Memudahkan proses penjualan dan pembelian barang karena meskipun tidak bertemu secara langsung, teknologi elektronik bisa menghubungkan untuk kedua pihak saling berkomunikasi dan melakukan transaksi sebagaimana transaksi konvensional.

Manfaat e-commerce yang ketiga adalah memudahkan bagi para pebisnis untuk menyebarkan informasi, baik itu tentang produk mereka ataupun layanan mereka. Apalagi internet sudah digunakan oleh hampir semua orang.

Pembayaran dalam transaksi pun bisa mudah dilakukan melalui teknologi transfer

Keuntungan eCommerce

Apa yang menjadi keuntungan dari e-commerce juga sering menjadi pertanyaan terutama dari para pegiat bisnis. Sangat wajar karena mungkin mereka juga berusaha membandingkan antara e-commerce dengan perdagangan konvensional.

Satu keuntungan yang menarik banyak orang beralih ke e-commerce adalah modal yang lebih sedikit. Karena mereka tidak memerlukan ruang khusus untuk tempat usaha seperti halnya perdagangan konvensional.

Keuntungan e-commerce yang kedua, yang tidak kalah menarik adalah biaya promosi yang lebih rendah. Bahkan jika menggunakan fitur Ads dalam website.

Biayanya masih lebih rendah dibandingkan dengan promosi menggunakan metode secara langsung. Apalagi kalau menggunakan jalur yang gratis.

Biaya untuk promosi akan jauh lebih efisien dengan jangkauan yang sama luasnya. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga dewasa dengan berbagai variasi segmen.

Para pebisnis yang ingin memulai dari nol juga bisa memanfaatkan e-commerce. Karena modal yang lebih sedikit di awal, hal ini akhirnya juga lebih minim dalam resiko usaha.

Jika pun gagal, kerugian yang harus ditanggung tidak terlalu besar. Bahkan ada beberapa pegiat e-commerce yang memulai tanpa modal sepeserpun, misalkan menjadi broker atau reseller.

Keuntungan e-commerce ini yang juga membuat banyak enterpreneur muda berani memulai bisnis pertamanya.

Bukan hanya itu, pelanggan pun juga banyak diuntungkan dan semakin banyak menggunakan e-commerce. Karena mereka tidak perlu keluar tenaga atau ongkos lebih banyak untuk kesana-kemari mencari produk yang diinginkan.

Hanya dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet, mereka bisa melihat-lihat puluhan bahkan ratusan produk hanya dalam beberapa jam saja.

Hal ini juga yang kemudian membuat bisnis e-commerce menjanjikan jangkauan pelanggan yang cukup menggiurkan.

Banyaknya keuntungan e-commerce membuat hal ini semakin berkembang terutama seiring dengan teknologi internet yang semakin merakyat.

Bahkan tak sedikit kepala daerah yang menjadikannya sebagai salah satu strategi pemberdayaan ekonomi warganya.

Semoga artikel ini membuat Freebuddies cukup dan semakin memahami apa itu e-commerce, manfaat serta keuntungannya.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *