Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat di Media Sosial

Freebuddies yang sedang mengembangkan bisnis perlu mengetahui target pasar. Target pasar berguna dalam membantu freebuddies melakukan pemasaran bisnis agar menarik konsumen.

Penentuan target pasar membuat pemasaran freebuddies lebih tertata dan membuka peluang terjadinya transaksi. Berikut ini akan dijelaskan pentingnya menentukan target pasar dan cara menentukan target pasar yang tepat di media sosial.

Alasan Pentingnya Menentukan Target Pasar

special40

Penempatan Iklan

Beriklan merupakan bagian dalam bisnis yang krusial agar bisnis dapat dikenal dan sukses. Penempatan iklan yang sembarangan bisa menyebabkan iklan hanya dilihat namun tidak menarik konsumen yang tepat.

Agar mudah menentukan media dan tempat memasang iklan, freebuddies harus menentukan target pasar. Sebagai contoh bisnis kosmetik maka iklan bisa ditempatkan pada website kecantikan atau majalah wanita.

Waktu Melakukan Pengiklanan

Asal freebuddies tahu, waktu beriklan yang tepat bisa menjaring konsumen dengan lebih efektif. Iklan di jam tertentu memiliki kemungkinan untuk di tonton konsumen dengan kriteria yang berbeda.

Contohnya iklan baju untuk remaja tentu tidak sesuai bila dipasang pada jam-jam sekolah, ikan mainan anak tidak tepat bila di pasang pada jam malam, dan lain sebagainya. Sebab itu target pasar dapat menjadi penentu waktu beriklan.

Membuat Strategi Pemasaran

Freebuddies tentu memahami rumitnya pembuatan strategi pemasaran. Penentuan target pasar akan memudahkan freebuddies untuk membuat strategi pemasaran. Target pasar yang berbeda membutuhkan strategi promosi yang berbeda pula.

Untuk remaja diperlukan strategi yang up to date dengan kehidupan remaja masa kini. Sedangkan orang dewasa lebih tertarik dengan pemasaran yang profesional dan terpercaya.
Efisien dan Bertujuan

Target pasar yang jelas bisa menghemat tenaga dan waktu freebuddies, karena mempermudah penyusunan proses pemasaran. Target pasar menjaring konsumen yang tepat, karena itu kemungkinan untuk adanya transaksi menjadi lebih besar.

Target pasar membuat konten pemasaran menjadi lebih bermutu dan bertujuan seperti penggunaan bahasa yang tepat, isi dari konten pemasaran, desain konten, dan lain sebagainya.

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat di Media Sosial dalam Pemasaran Bisnis

Ketertarikan

Dalam hal ini yang dimaksud dengan ketertarikan adalah cara menentukan target pasar dengan mempelajari hal yang menjadi kesukaan atau kegemaran sekumpulan orang.

Karena keminatan pengguna media sosial beragam, maka freebuddies perlu untuk memilah bidang minat dari pengguna media sosial secara spesifik. Agar jangkauannya menjadi lebih luas pakailah beberapa media sosial untuk mencari target pasar.

Kesamaan

Cara menentukan target pasar yang tepat di media sosial selanjutnya yaitu kesamaan. Target pasar dengan cara ini, di pisah berdasarkan informasi pribadi atau profil yang di pasang di media sosial. Profil bisa berupa umur, jenis kelamin, pekerjaan, dan lain-lain.

Sebagai contoh bila freebuddies memasarkan produk busana kerja maka targetnya profil pengguna yang bekerja, sedangkan baju anak akan menargetkan profil orang tua.

Pemilahan target pasar melalui kesamaan profil tempat dapat mempermudah freebuddies menentukan target pasar berdasar dekat jauhnya lokasi pengguna.

Hal yang menjadi masalah adalah profil pengguna ada banyak dan bermacam-macam. Untuk mempermudah pengkategorian freebuddies bisa menggunakan layanan filter target pasar yang disediakan provider atau alat filter dari pihak ketiga.

Perilaku

Aktivitas pengguna dalam media sosial dapat menjadi tolak ukur untuk menentukan target pasar yang tepat. Freebuddies bisa mempelajari kebiasaan pengguna media sosial mulai dari cara merespon, percakapan, waktu mengakses, dan masih banyak lagi.

Informasi dari aktivitas tersebut, dapat freebuddies gunakan untuk melakukan pemasaran di peak time dan dengan cara tertentu agar pemasaran menjadi tepat sasaran

Berdasar pembahasan di atas, freebuddies bisa menyimpulkan cara menentukan target pasar yang tepat di media sosial yaitu melalui ketertarikan pada bidang tertentu, kesamaan profil, dan kebiasaan pengguna.

Selain itu sudah dibahas mengenai alasan pentingnya target pasar dalam menentukan tempat beriklan, waktu iklan, konten, dan lain sebagainya.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *