Cara Menggambar Baju dengan Mudah dan Cepat yang Bisa Dicoba!

cara menggambar baju dengan mudah

Memilih desain pada baju yang akan Anda pakai mungkin saja memiliki banyak pertimbangan. Ada tiga langkah yang disarankan untuk selesai terlebih dahulu. Anda bisa melakukan pembuatan kaos sesuai dengan yang Anda inginkan dengan mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Desain pada baju tidak bisa dipandang sepele, karena banyak merek mencoba memberi pesan melalui desain yang diproduksi. 

Sebelum Anda memulai dengan desain Anda, penting untuk memiliki pemahaman tentang apa yang ingin Anda sampaikan melalui desain yang Anda buat. Apa tujuan utama desain baju Anda? Apakah ada makna khusus dibalik setiap desain? Atau baju yang Anda desain hanya itu kesenangan semata. Apa yang menjadi pertimbangan awal tentu akan berpengaruh terhadap desain baju, seperti desain kemeja polos atau baju.

Brainstorm Elemen Kreatif

Luangkan waktu untuk menentukan kata, gambar, logo, atau warna yang perlu disertakan dalam desain baju Anda. Penting untuk memiliki daftar seputar desain Anda sehingga Anda memiliki start awal saat memulai proses kreatif mendesain baju Anda. Hal ini juga akan membantu memastikan Anda menyertakan semua yang Anda perlukan pada desain kaos atau kemeja yang sangat penting jika tujuan Anda mendesain pakaian untuk acara atau tujuan tertentu.

Kumpulkan Inspirasi Desain

Sekarang untuk bagian yang menyenangkan, yaitu mengumpulkan inspirasi untuk desain Anda. Kumpulkan foto desain baju yang Anda suka untuk membantu Anda menentukan jenis desain yang Anda inginkan. Setelah Anda memiliki 5 atau lebih pilihan desain yang menginspirasi Anda, buat catatan tentang apa yang membuat Anda tertarik pada masing-masing desain. Apa kelebihan dan kekurang setiap desain. Apakah ada gaya ilustrasi atau font tertentu yang ingin Anda gunakan? Apakah ada kombinasi warna yang menarik perhatian Anda?.

Tentukan Siapa yang Mendesain

Saat ini sudah banyak aplikasi atau desainer yang menawarkan jasanya untuk mendesain baju. Anda bisa memilih untuk mendesain sendiri atau menggunakan jas desainer. Jika Anda memiliki keahlian desain dan peralatan untuk desain, lebih baik Anda mendesain sendiri. Jika Anda memiliki ide namun tidak memiliki keahlian dan peralatan desain, menyewa jasa desainer juga bisa menjadi pilihan lain.

Tentukan Penempatan Desain Anda

Ada beberapa opsi berbeda untuk dipertimbangkan saat memutuskan dimana akan mencetak desain pada baju. Anda dapat mencetak desain kaos polos dengan posisi tengah dengan desain yang besar. Anda juga dapat meletakkannya di sisi kanan atas kemeja sebagai “cetakan saku”. Anda dapat memilih untuk mencetak desain kecil di bagian depan baju Anda dan desain yang lebih besar di bagian belakang. Anda bahkan bisa juga mencetak desain Anda sejajar dengan kiri atau kanan baju Anda untuk model yang lebih modern.

Tambahkan Visual & Grafis

Mendesain baju dapat digunakan sebagai tempat menunjukkan kreativitas, dimana ide-ide kreatif seseorang dapat ditunjukkan seperti dalam menunjukkan logo merek dan ilustrasi pemasaran. Banyak dari desain ini berisi citra, tipografi, dan palet warna yang selaras dengan konsumen Anda (jika tujuannya untuk dijual).  Jika Anda membuat baju yang tujuannya untuk bisnis, atau organisasi, tetap berpegang pada citra dan warna merek Anda membuat semuanya tetap sinkron.

Gunakan Tipografi

Jika Anda kesulitan menemukan cara untuk merepresentasikan merek, tujuan, atau desain Anda secara visual pada sebuah baju, tipografi bisa menjadi tempat awal yang bagus. Memasukkan frase yang menarik dan berhubungan dalam desain Anda akan meningkatkan minat pada baju Anda dan menghasilkan lebih banyak penjualan. Desain tipografi adalah cara mudah bagi siapa saja untuk membuat desain kaos yang menarik, tanpa harus menggunakan desain yang mahal.

Anda mungkin sudah memiliki kata atau frasa yang cocok dengan konsumen Anda, tetapi jika Anda tidak yakin, pikirkan apa yang disukai konsumen Anda. Rancang dengan kata-kata atau ucapan yang relevan yang akan memperkuat rasa komunitas pada desain Anda. Gunakan font unik di baju Anda untuk membuat karya seni hanya dari kata-kata atau pasangkan frasa Anda dengan elemen dan citra desain lainnya.

Pemilihan Warna

Memilih warna desain penting saat membuat desain baju Anda. Aturannya adalah selalu menggunakan warna tinta terang pada baju gelap dan warna tinta yang lebih gelap pada baju terang. Ini menciptakan kontras antara cetakan dan kaos itu sendiri sehingga desain Anda akan benar-benar “menonjol”. 

Meskipun pencetakan tinta hitam pada kaos hitam mungkin menjadi tren di beberapa kelompok konsumen, sebagian besar pembeli akan kecewa jika mereka tidak dapat melihat desain kaos pada kaos yang dicetak.

Tinta putih adalah banyak dipilih karena lebih muncul dengan baik di sebagian besar warna baju. Namun, jika Anda ingin bermain dengan lebih banyak warna dalam desain Anda, kombinasikan warna komplementer yang secara estetis menyenangkan saat digunakan bersama. Sebagai rekomendasi, gunakan 3 warna atau lebih untuk menciptakan desain yang tajam dan bersih.

Contoh Desain

Baju untuk olahraga 

Saat Anda mencoba menjual kaos, desain olahraga bisa menjadi pilihan. Fandom para klub olahraga, seperti bola, bola basket, baseball, motor, dan lainnya, adalah konsumen potensial yang bisa Anda jadikan target penjualan. Kaos dengan desain olahraga ini banyak disukai karena dapat menjadi ciri khas para pecinta klub tertentu. Jadikan desain dari berbagai klub olahraga sebagai ide awal untuk nantinya desain dapat Anda kembangkan sendiri. 

Baju Band atau Musisi

Tak kalah populer dari baju dengan desain klub olahraga, baju dengan desain band atau musisi juga banyak penggemarnya. Desain ini bahkan sering digunakan sebagai merchandise resmi dari band atau musisi. Tujuan desain agar lebih dekat dengan penggemar. Jika band atau musisi mengadakan konser, fans bisa memakai baju ini untuk menghadiri konser.

Baju Universitas

Selanjutnya adalah desain dari kampus atau universitas. Biasanya desain ini digunakan sebagai ciri khas dari satu universitas dan universitas lain. Anda bisa menjadi vendor kaos yang menjual kaos dengan desain universitas, tentu, target pasar Anda adalah para mahasiswa baru. Desain biasanya bergambar logo universitas, atau tipografi yang bertuliskan nama universitas, jurusan universitas, atau slogan universitas. 

Baju Organisasi

Desain ini biasa dibutuhkan oleh organisasi atau komunitas yang sedang menyelenggarakan acara. Tujuan memakai baju dengan desain logo atau gambar organisasi adalah sebagai pembeda bagi para panitia di dalam organisasi tersebut.

Ada banyak tujuan penggunaan desain sesuai dengan kebutuhan. Mendesain baju dapat menjadi ciri tertentu, sehingga akan menjadi pembeda. Seperti yang sudah dibahas di atas, Anda bisa menggunakan jasa desainer untuk mendesain baju sesuai kebutuhan.

Saat ini terdapat banyak platform yang menyediakan jasa desainer baju. Fastwork, sebagai platform freelance, menyediakan desainer yang mampu membuat desain busana berkualitas, pilihan desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, pekerjaan dapat dilakukan dengan cepat, dan biaya dapat disesuaikan dengan kuantitas yang diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *