Inspirasi Desain Melalui Sketsa Desain Baju Muslimah Syar’i

sketsa desain baju muslimah syar''i

Saat ini baju muslim tidak lagi memiliki citra monoton dan kuno. Memakai baju muslim dapat disesuaikan dengan tren yang sedang berlaku. Baju muslim dapat dikreasikan sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Baju muslim memiliki ciri tersendiri, salah satunya adalah bahan yang digunakan. Bahan tebal biasa digunakan, karena baju muslim tidak boleh transparan, tidak boleh memperlihatkan bagian tubuh secara langsung.

Baju muslim dapat berupa banyak jenis pakaian. Bagi pria, baju muslim dapat berupa kemeja panjang dengan desain islami, gamis, atau baju koko. Sementara bagi wanita, gamis dan kemeja polos dapat juga digunakan sebagai pakaian muslim. Pakaian muslim bagi wanita atau biasa disebut pakaian muslimah dapat memakai desain kemeja polos agar lebih menarik. 

Desain Baju Muslimah

Muslimah yang akan memakai baju muslim tidak perlu lagi kebingungan atau merasa tidak percaya diri. Saat ini baju muslimah sudah bisa dikreasikan dengan banyak desain. Berikut beberapa desain baju muslimah.

  1. Desain kombinasi bunga dan polos

Desain baju muslimah ini dapat digunakan untuk berbagai pakaian, seperti kaos, kemeja, atau gamis. Desain dari kombinasi bunga dan kain polos akan memberikan unsur elegan tapi dengan kesan santai. Pilih desain bunga yang sesuai dengan kain dasar yang dipakai. Anda bisa memakai desain setengah bunga atau setengah kain polos. Cara lain juga Anda bisa memakai desain dominasi bunga namun tetap ada unsur kain polos yang dikombinasikan.

Gunakan hijab polos yang sesuai dengan warna kain, dengan begitu perpaduan pakaian ini akan menambah daya tarik Anda walaupun Anda memakai pakaian muslimah syar’i. Tidak ada lagi batasan untuk tetap tampil modis namun tetap sesuai dengan syariat berpakaian yang berlaku di agama.

2. Desain garis

Desain garis-garis dapat dibentuk secara seragam atau dibuat dari garis-garis lebar dan sempit. Jenis garis lainnya adalah garis berwarna dengan latar belakang hitam atau putih. Warna ini dipilih karena umumnya desain garis memadukan warna gelap dan warna polos.

Cara terbaik memakai pakaian dengan desain garis-garis adalah memilih warna netral yang pudar dengan garis-garis tipis, pola garis-garis dapat membuat Anda menyatu dengan dinding. Namun strip berwarna cerah, meski hanya dikenakan sebagai aksesori kecil, bisa membuat Anda terlihat mencolok.

Garis-garis berwarna gelap pada latar belakang terang biasanya merupakan skema warna yang mencolok. Jika Anda tidak ingin terlalu mencolok, Anda bisa menggunakan garis-garis tone-on-tone. Garis-garis yang terbuat dari garis-garis berwarna terang atau tone-on-tone bekerja dengan baik untuk gaya berpakaian konservatif.

Garis-garis berwarna gelap dan cerah selalu membuat pernyataan berani. Campuran garis-garis abu-abu dan garis-garis biru sangat bagus untuk pakaian yang lebih tradisional untuk acara formal. Pakaian muslimah banyak yang menggunakan desain garis-garis. 

3. Desain batik

Selanjutnya adalah desain baju muslim dengan menggunakan batik. Batik memang identik dengan acara-acara formal, namun saat ini batik bisa juga digunakan untuk baju sehari-hari. Bahan batik yang tebal cocok digunakan untuk baju muslim karena tidak transparan namun tetap nyaman digunakan. Batik yang digunakan sebagai baju muslim beragam, bisa digunakan pada bahan kaos, kemeja, atau gamis.

Batik yang digunakan biasanya berwarna gelap, seperti coklat tua atau biru tua. Jenis batik juga bisa Anda pilih sesuai keinginan, misalnya motif Batik Mega Mendung, Batik Sogan, Batik Gentongan, Batik Kraton, Batik Parang, dan jenis lainnya. Desain batik ini banyak disukai karena bisa memberi kesan formal dan yang pasti pakaian tetap sesuai dengan aturan agama, tidak tipis, transparan, dan menutupi bagian yang harus tertutup.

Sebagai pilihan lain, desain pakaian muslim dan muslimah yang syari’i bisa juga menggunakan desain dengan gambar atau tulisan tertentu. Desain dengan pilihan tersebut bisa Anda lakukan dengan menggambarnya sendiri melalui sketsa terlebih dahulu. Jika Anda tertarik menggambar baju muslim menggunakan sketsa, Anda bisa mengikuti cara ini.

Gambar Sketsa

Tujuan pembuatan sketsa pakaian adalah untuk menentukan desain apa yang akan ditampilkan. Setelah sketsa selesai, Anda harus menyiapkan flat mode untuk selanjutnya ke tahap produksi. Fashion flat adalah gambar teknis garmen yang sangat detail. Gambar ini menyampaikan semua detail desain Anda, mulai dari konstruksi hingga kain hingga penjahitan. Sebaliknya, flat mewakili garmen seakurat mungkin untuk menyampaikan desain Anda kepada tim produksi dengan jelas.

Sketsa mode umum dimaksudkan untuk menunjukkan detail dan menyampaikan desain secara realistis, sketsa merupakan representasi datar dari fashion. Sketsa harus terlihat seperti aslinya. Jika Anda menggambar sketsa tentang sebuah gambar, buat sejelas mungkin. Jika yang dibuat adalah sketsa tulisan, buat dengan detail dan garis-garis yang tegas, agar hasil akhir dapat sesuai dengan apa yang ada di sketsa. Hal ini memungkinkan pembuat pola untuk melihat dengan tepat.

Sketsa ini dapat digunakan untuk desain kaos polos yang akan Anda pakai sebagai pakaian muslim atau muslimat syari’i. Sesuaikan desain Anda dengan keinginan dan tetap sesuai dengan aturan berpakaian yang seharusnya. Desain kemeja polos atau gamis juga dapat menggunakan desain sketsa. 

Cara membuat sketsa yang menjual. 

  • Buat croquis yang bagus. 

Croquis adalah gambar dasar pose model yang dapat Anda telusuri berulang kali saat membuat sketsa ide fesyen Anda. Anda dapat menemukan croquis untuk digunakan secara online atau di buku, atau Anda dapat membuatnya sendiri.

  • Berlatih 

Untuk mendapatkan sketsa yang sempurna, mulailah dari mana Anda berada dan berlatih.

  • Fokus pada pengembangan gaya Anda sendiri 

Ada banyak hal yang menentukan gaya unik ilustrasi Anda. Apakah Anda ingin menggunakan cat air, spidol atau pensil warna? Bagaimana Anda akan mengilustrasikan desain pada model Anda? Berapa banyak desain yang akan Anda sertakan?. Menggambar desain yang otentik memang tidak mudah, Anda harus memiliki inspirasi sendiri dan kemudian menggambarkannya di sketsa.

Gambar sketsa desain baju muslim dan muslimah dibuat dengan tingkat kerumitan tertentu. Tujuannya agar desain yang nantinya dicetak bisa mendapatkan hasil yang sempurna. Melalui sketsa, Anda memiliki rencana atau gambaran awal seperti apa desain akan Anda buat. Banyak aplikasi yang bisa membantu Anda dalam menggambar sketsa. Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut. 

Memakai baju muslim yang membuat percaya diri dapat Anda lakukan dengan mendesain baju sesuai keinginan. Namun, jika Anda ingin lebih mudah mendesain baju, Anda bisa menggunakan jasa desainer untuk mendesain baju yang sesuai keinginan dengan waktu pengerjaan yang cepat.

Fastwork, platform freelance yang menawarkan Anda jasa desain yang bisa mewujudkan desain yang diinginkan ke baju muslim atau muslimah yang akan Anda pakai nantinya. 

Menggunakan jasa desainer Fastwork, Anda tidak perlu repot mendesain sendiri, desainer akan menawarkan Anda berbagai macam desain busana. Biaya yang akan ditawarkan juga bisa disesuaikan dengan berapa banyak desain, waktu kerja, dan tentunya tingkat kesulitan desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *