Pilihan Warna Kaos Terbaik untuk OOTD Agar Tampil Lebih Stylish!

warna kaos yang bagus

Warna adalah salah satu pertimbangan saat seseorang akan memilih kaos. Ada banyak pilihan warna yang tersedia yang bisa dipilih, mulai dari warna cerah hingga warna gelap. Warna yang dipilih biasanya disesuaikan dengan outfit apa yang akan digunakan. Outfit of The Day atau biasa disingkat OOTD adalah sebuah tren yang biasa dilakukan seseorang yang gemar memadukan beragam outfit dari atas sampai bawah.

OOTD biasanya menonjolkan perpaduan warna pakaian. Menggunakan warna yang tepat dan mencocokkannya dengan desain tertentu bisa menjadi perpaduan yang menarik. Memilih warna yang cocok untuk pakaian adalah hal yang membedakan Anda. Desain beragam pakaian, seperti desain kemeja polos bisa dipadukan dari kombinasi warna. 

Teori Warna

Teori warna adalah seperangkat pedoman untuk mencampur, menggabungkan, dan manipulasi warna. Dengan mengetahui teori warna, Anda bisa lebih memahami bagaimana kombinasi yang cocok untuk kaos, celana, sepatu, bahkan aksesoris yang akan digunakan. Teori warna mencakup:

1. Harmoni warna

Harmoni warna menggambarkan pasangan warna yang menyenangkan secara visual dan memberikan kesan keteraturan visual. Skema warna berdasarkan warna komplementer dan analog umumnya dianggap harmonis. Namun, karena manusia merespons warna secara berbeda tergantung pada preferensi pribadi dan pengalaman hidup, tidak ada warna yang “tepat” secara universal untuk mencapai harmoni.

2. Temperatur warna

Temperatur warna berhubungan dengan memecah warna menjadi warna-warna hangat dan warna-warna sejuk (terkait dengan cahaya). Bereksperimen dengan kombinasi warna hangat dan sejuk dapat membantu Anda memadukan warna untuk mendapatkan efek tertentu.

3. Konteks warna

Warna bisa menunjukkan kesan yang berbeda bila dilihat dalam konteks yang berbeda. Misalnya, warna oranye mungkin tampak kusam dan redup jika ditempatkan di samping warna kuning cerah, tetapi jika dipasangkan dengan ungu tua, warna oranye tiba-tiba tampak jauh lebih cerah.

Cara Mencocokkan Kaos Menggunakan Color Wheel

1. Mulai dengan warna analog

Warna analog ada di posisi yang bersebelahan pada color wheel. Saat memilih warna untuk digunakan, temukan warna yang terasa aman bagi Anda, misalnya, biru muda. Pada color wheel, biru berada di antara teal dan biru-ungu. Jika Anda merasa nyaman dan percaya diri dengan warna biru muda, tambahkan teal atau biru-ungu untuk palet dua warna.

2. Gunakan warna pelengkap 

Warna komplementer berlawanan satu sama lain pada color wheel dapat menghasilkan benturan warna yang ternyata hasilnya akan indah. Coba gunakan warna fuchsia dan chartreuse, atau merah anggur dan hijau gelap. Saat Anda membuat pilihan warna yang berani, kedua warna bisa lebih menonjol.

3. Warna triadik

Kombinasi warna yang berjarak sama satu sama lain pada roda warna disebut ‘triadik’. Kombinasi ini tampak bagus jika digabungkan, tetapi beberapa orang mungkin berpendapat yang lain. Namun, Anda dapat memilih warna yang lebih kalem dari warna-warna ini. 

4. Kenakan aksesori yang tidak “cocok”

Jika Anda menginginkan tampilan monokrom, jangan khawatir dengan mencocokkan ikat pinggang Anda dengan tas tangan dan sepatu Anda. Aksesoris yang lebih kecil ini sebenarnya adalah tempat yang bagus untuk bereksperimen dengan warna-warna cerah.

5. Padukan warna-warna netral

Warna-warna netral adalah dasar yang bagus untuk dikombinasikan dengan warna-warna cerah. Perpaduan warna bukan hanya tentang warna-warna berani, warna netral seperti coklat, hitam, biru tua, dan putih hampir selalu berpadu dengan baik, jadi jangan takut mengenakan kaos hitam dengan sepatu coklat.

6. Kenakan denim sebagai warna netral

Pertimbangkan denim sebagai warna netral, artinya Anda dapat memadukannya dengan warna lain (termasuk biru) dan akan tetap terlihat bagus. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan memakai kaos nuansa denim yang mirip satu sama lain tetapi cukup berbeda sehingga tampilan Anda tidak akan terlalu serasi. Coba pasangkan jeans mid-wash dengan kemeja denim light-wash.

Corak, Saturasi dan Kecerahan

Corak mengacu pada lokasi tepat warna pada color wheel. Misalnya, ada tiga varietas jeruk yang terletak di sekeliling lingkaran roda warna; bepergian berlawanan arah jarum jam ini mengarah ke merah; searah jarum jam menjadi kuning. Corak dapat dibuat dengan mencampur kombinasi dari tiga warna primer (merah, kuning dan biru).

Saturasi mengacu pada intensitas masing-masing warna (lihat segitiga jingga di roda warna).

Kecerahan mengacu pada kecerahan relatif suatu warna, dari hitam (kecerahan 0%) hingga putih (kecerahan 100%). Ini tidak ditampilkan pada roda warna.

Menggabungkan warna adalah hal yang sedikit rumit. Kontras membuat pakaian Anda terlihat lebih menarik, dan mengawinkan warna dalam palet yang tepat akan menciptakan ketertarikan. 

Anggap saja sebagai membuat ‘tema’ warna, jika Anda mau, optimalkan dengan memvariasikan tingkat rona, saturasi, dan kecerahan setiap warna dalam palet. Anda dapat menciptakan desain kaos polos dengan kombinasi dari corak, saturasi, dan kecerahan. Bermain dengan warna yang berani tidak masalah selama warna-warna tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. 

Akan ada berbagai tingkat kegelapan dan terang pada warna pakaian Anda, jadi gunakanlah selera terbaik. Anda mungkin bingung dengan warna netral yang lebih gelap, atau warna biru yang lebih terang, namun perlu diingat bahwa warna kontras juga bisa menjadi pilihan pada kaos Anda.

Bagaimana dengan kemeja bermotif atau multiwarna? Kemeja multi-warna, mulai dari kemeja kerah kontras dasar hingga tartan atau motif kotak multiwarna, dikembalikan kembali, apakah Anda akan percaya diri memakai warna dan desain tersebut.

Anda bisa mencoba tips berikut ini. Gantung baju Anda di dinding putih kosong dan berjalanlah ke sisi lain ruangan. Apakah itu warna kaos biru? Lebih merah? Netral? Apa warna utama yang ditampilkan?. Dengan cara tersebut, warna akan terlihat lebih menonjol. Chino khaki, chino abu-abu (atau celana panjang), dan denim biru tua adalah kombinasi bawahan yang aman jika dikombinasikan dengan kaos warna apapun.

Warna memang berperan penting terhadap penampilan. Jika memilih warna yang salah, maka Anda bisa tampil dengan tidak percaya diri. Sebaiknya pilih warna yang sesuai dengan warna kulit dan kegiatan Anda. 

Memang tidak mudah menentukan warna kaos, apalagi jika Anda ingin selalu memakai kaos yang sesuai dengan OOTD. Karena itu, Anda bisa menggunakan jasa desainer kaos atau kemeja untuk nantinya disesuaikan dengan warna yang Anda inginkan.

Sesuaikan desain busana dengan warna kulit Anda, karena jika salah memilih warna maka Anda bisa terlihat gelap. Jika Anda menyukai warna monokrom, Anda bisa memilih warna kaos gelap dengan desain kaos yang lebih terang. 

Melalui Fastwork, Anda dapat menyewa jasa desain baju. Tak perlu khawatir, karena para desainer akan memberikan Anda pilihan desain serta warna-warna yang cocok dengan OOTD Anda. Gunakan jasa desain baju di Fastwork karena pekerjaan diselesaikan dengan cepat dan biaya dapat disesuaikan dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *