Inilah 6 Cara Menulis Cerpen yang Baik dan Menarik

Ada berbagai macam bentuk karya sastra dalam dunia penulisan. Salah satunya adalah cerpen. Bagi freebuddies yang tertarik untuk menekuni dunia menulis.

Freebuddies bisa memulai dari menulis cerpen. Agar memudahkan dalam menulis cerpen terdapat beragam siasat menulis cerpen yang baik.

Sebelum membahas tentang siasat membuat cerpen. Freebuddies perlu punya pemahaman dasar seputar cerpen.

1. Memahami secara singkat tentang cerpen

Cerpen adalah singkatan dari cerita pendek yang umumnya berupa fiksi. Cerpen memiliki batasan kata mulai dari 5 hingga 5000 kata. Sedikitnya kata yang digunakan dalam cerpen, dapat menjadi tantangan tersendiri.

Karena jumlah kata yang sedikit, maka setiap kata dalam cerpen haruslah berarti dalam membangun cerita. Unsur dalam cerpen meliputi tema, alur, penokohan, latar, dan sudut pandang tokoh.

Berikut Beragam Siasat Menulis Cerpen yang Baik untuk Menarik Pembaca

2. Membaca banyak karya cerpen yang terkenal

Penting untuk membaca karya sastra dari banyak penulis. Ketika membaca freebuddies bisa mengevaluasi, mencermati, dan menganalisa.

Ketika membaca cerpen freebuddies juga akan mempelajari bagaimana struktur dan gaya dari cerpen. Pengamatan terhadap hal tersebut nantinya membantu freebuddies untuk menemukan gaya penulisan yang sesuai dengan freebuddies.

3. Buat tulisan yang penuh emosi

Cerpen yang menarik adalah cerpen yang memiliki kedalaman emosi. Cerpen yang baik mesti dapat membuat pembacanya merasakan emosi dari tokoh dan ceritanya.

Berbagai hal yang dapat memancing emosi pembaca yaitu kisah tentang cinta, keadilan, penyelamatan, kebebasan, pengorbanan, dan lain – lain.

4. Persempit pembahasan cerita

Berbeda dengan novel, cerpen memiliki batasan kata. Oleh sebab itu, maka pembahasan cerita perlu dibuat singkat dan berfokus pada suatu peristiwa dalam kehidupan tokoh.

Baca juga:  Cara Memilih Jasa Desain Grafis Terpercaya dan Profesional

Buat penokohan dan adegan menjadi singkat dan jelas. Hal utama yang perlu ditampilkan dalam cerita cerpen yaitu ending dan emosi yang mengena kepada pembaca.

5. Judul dan cerita yang atraktif

Pembuatan judul yang memikat dapat menarik pembaca. Selain itu, judul juga dapat membuat karya cerpen menjadi lebih diminati di tengah persaingan di dunia penulisan.

Buatlah judul yang dapat memancing rasa ingin tahu dari pembaca. Ciri dari judul yang menarik yaitu mudah diingat, mudah diucapkan, dan memiliki arti yang kuat.

Cerita yang menarik selalu diawali dengan tokoh yang menghadapi suatu masalah. Masalah bisa berupa tokoh terancam secara fisik, kisah cinta yang dramatis, atau kejadian penuh misteri.

Masalah yang dialami oleh tokoh dimaksudkan untuk menarik simpati dari pembaca sehingga cerita lebih diresapi.

Pada penulisan cerpen tidak terlalu diperlukan penjelasan panjang lebar tentang latar kejadian atau tokoh. Olah latar belakang agar bersatu dengan alur cerita dan kegiatan tokoh.

Fokuskan penggambaran setting lebih dengan menggunakan cerita tentang apa yang dilakukan oleh tokoh.

Ending cerita adalah bagian terpenting dalam cerpen. Pembuatan ending haruslah berkesan bagi pembaca terutama secara emosional.

Ending harus mampu menjadi alur penutup yang membuat cerita tergambar dengan baik. Bentuk dari ending cerita bisa saja tak terperinci namun memiliki suatu pesan yang tersirat.

6. Edit cerita cerpen

Ketika cerita cerpen yang sudah selesai freebuddies perlu untuk membaca ulang dan mengedit cerita agar menghasilkan karya yang terbaik.

Hal yang perlu diperhatikan saat mengedit yaitu ejaan, tata bahasa, tanda baca, struktur kalimat, pilihan kata, dan lain sebagainya. Pastikan juga kalimat digunakan secara efektif

Penulisan cerita cerpen yang menarik membutuhkan taktik untuk menulisnya. Ada beragam siasat menulis cerpen yang baik antara lain membaca banyak cerpen, tulisan yang memuat emosi, membuat fokus cerita, pembuatan judul dan cerita yang menarik, dan mengedit cerita.

Baca juga:  Kemampuan Dasar Marketing yang Harus Dimiliki Seorang Freelancer

Penulisan cerita menggunakan cara – cara tersebut dapat membuat pembaca lebih tertarik. Bagaimana freebuddies tertarik untuk menulis cerpen?

banner fastwork id

Sumber:
JerryJenkins: hHow to Write a Short Story That Captivates Your Reader

3 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top