Mengapa Desainer Grafis Sangat Penting bagi Bisnis Travel?

Dewasa ini, peran desainer grafis dalam dunia bisnis semakin penting. Seorang desainer grafis bisa membuat logo keren, infografis ciamik, sampai visual report yang mudah dipahami.

Tentu saja ada beragam materi promosi yang mengandalkan kemampuan seorang desainer grafis dalam menarik hati pembeli. Sebut saja seperti brosur, desain kartu nama, post media sosial hingga desain website.

Dalam bisnis travel, kemampuan mereka juga sangat dibutuhkan untuk menangani beberapa bidang pekerjaan seperti berikut.

Post Media Sosial

Media sosial, khususnya Instagram telah menjadi media pemasaran yang sangat efektif. Dalam bisnis travel, Instagram juga kerap digunakan untuk menunjukkan tempat-tempat wisata eksotis. Namun agar foto-foto tersebut terlihat lebih menarik dan memiliki ciri khas, tidak jarang ada tambahan desain grafis di dalamnya.

Post media sosial yang sudah mendapat sentuhan dari seorang desainer grafis biasanya terlihat lebih hidup. Kapasitas mereka dalam membuat desain ilustrasi hingga infografis juga membuat post media sosial bisnis travel jadi lebih kaya.

Website

Porsi desainer grafis dalam pembuatan website memang tidak sebanyak web developer. Meski demikian, tidak sedikit pengembangan website yang justru berawal dari desain mockup buatan desainer grafis.

Peran desainer grafis dalam pembuatan website juga dapat dilihat pada gambar banner. Misalnya saja seperti banner promosi untuk layanan baru yang dimiliki. Terkadang, ada juga bisnis travel yang menggunakan desain grafis sebagai sarana edukasi seperti tentang prosedur pemesanan.

Logo

Bagaimana sebuah bisnis dikenal, semua itu banyak dipengaruhi oleh branding. Namun untuk melakukan branding, sebuah bisnis membutuhkan merek. Tentu saja, merek akan lebih mudah dikenal jika merek tersebut memiliki logo yang unik dan mudah diingat.

Logo keren sendiri tidak hanya harus menarik secara estetika. Logo juga harus memiliki karakter yang sesuai dengan nilai-nilai yang dipegang oleh perusahaan. Untuk mewujudkan logo yang mampu berbicara banyak seperti ini, kemampuan seorang desainer grafis akan sangat dibutuhkan.

Baca juga:  5 Tips Mendorong Bisnis Kamu Lebih Maju

Kartu Nama

Kredibilitas bisnis travel juga bisa dilihat dari desain kartu namanya. Desain yang menarik bukanlah satu-satunya tujuan. Desain kartu nama tersebut juga harus selaras dengan desain lainnya, misalnya saja seperti desain logo dan desain website perusahaan. Di sinilah peran desainer grafis akan sangat dibutuhkan.

Brosur dan Flyer

Pemasaran online memang mampu menjangkau banyak orang. Meski demikian, bukan berarti bisnis travel tidak membutuhkan pemasaran secara offline. Hanya saja eksekusinya yang sedikit berbeda.

Misalnya saja terkait dengan penggunaan brosur dan flyer. Bisnis travel tentunya tidak hanya melayani wisata dalam kota saja. Ada juga bisnis travel yang menyediakan layanan untuk wisata luar kota, bahkan luar negeri.

Untuk memperkenalkan destinasi wisata atau paket wisata yang dimiliki, banyak bisnis travel yang menggunakan brosur. Desainer grafis yang baik tidak hanya bisa membuat brosur dengan desain menarik. Mereka juga mampu menyampaikan informasi di dalamnya dengan jelas dan membuatnya mudah dicerna.

Desain Aplikasi Mobile

Saat bisnis travel berkembang dan menjadi semakin besar, pengembangan aplikasi mobile kerap menjadi langkah ekspansi berikutnya. Aplikasi mobile sendiri dibuat untuk semakin mempermudah konsumen.

Seiring dengan kemunculan aplikasi mobile, perusahaan travel biasanya juga akan menawarkan beberapa layanan barunya. Untuk memberikan user experience yang lebih menyenangkan, desainer grafis akan turut berperan dalam pembuatan desain antarmuka aplikasi.

Kapasitas mereka dalam memilih komposisi warna yang seimbang juga membantu dalam mewujudkan aplikasi mobile yang menarik secara visual.

Karena pentingnya desain grafis dalam pembuatan logo keren hingga aplikasi mobile, cukup banyak bisnis travel yang memiliki desainer grafis sendiri.

Tapi jika bisnis masih berada di tahap awal pengembangan dan modal yang dimiliki masih terbatas, rasanya lebih bijak jika mengalokasikan modal tersebut untuk keperluan yang lebih vital.

Baca juga:  Dukung Website Bisnis dengan Strategi Marketing Berikut

Sedangkan untuk urusan desain grafis sendiri, masih ada desainer grafis lepas yang dapat dipekerjakan sesuai dengan kebutuhan. Jadi, siap merekrut seorang desainer grafis profesional?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top