Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Membuat Desain Ilustrasi

membuat desain ilustrasi

Membuat desain ilustrasi memang tidak mudah. Anda harus memperhatikan pesan yang ingin disampaikan, bentuk ilustrasi, hingga komposisi warna yang akan digunakan.

Namun, yang terpenting, Anda juga harus memiliki inspirasi yang tepat agar hasil desain ilustrasi sukses. Bagaimana cara mendapatkan inspirasi dalam membuat desain ilustrasi? Simak tipsnya dalam ulasan berikut.

special40

Membuat mind map

Untuk merangsang otak Anda agar mendapat gamabaran yang jelas saat membuat desain ilustrasi, coba buatlah mind map. Mind map berisi ide utama serta ide-ide pendamping untuk desain ilustrasi Anda. Berpikirlah dari hal yang paling umum terlebih dulu, kemudian bagilah menjadi beberapa ide yang lebih spesifik.

Anda juga bisa membuat daftar berisi hal-hal yang sesuai dengan tema ilustrasi. Misalnya untuk sebuah illustration yang bertemakan lingkungan alam, Anda bisa mencantumkan pohon, polusi, binatang, dan lain-lain. Cara ini akan membantu Anda untuk lebih fokus pada tema ilustrasi sehingga cepat mendapatkan inspirasi yang tepat.

Lihat ilustrasi lama Anda

Pernah mengerjakan proyek yang serupa dengan tema ilustrasi sekarang? Waktunya untuk membongkar hasil karya lama Anda. Coba lihat bagaimana Anda mengerjakan proyek tersebut, apakah ada yang bisa digunakan? Apakah ada yang perlu di-upgrade? Jika jawabannya iya, maka Anda bisa segera mulai mendesain.

Selain ilustrasi yang sudah jadi, Anda juga bisa melihat draft atau bahkan coretan-coretan lama. Membongkar draft lama mungkin akan membangkitkan sebuah ide yang sempat Anda lupakan.

Intinya di sini adalah, diri Anda sendiri pun bisa menjadi inspirasi bagi Anda saat mengerjakan proyek ilustrasi. Kuncinya adalah gali lebih dalam kemampuan serta memori Anda.

Manfaatkan teknologi

Teknologi diciptakan untuk memudahkan kehidupan manusia, termasuk untuk urusan mendesain ilustrasi. Saat ini sudah ada banyak website hingga webinar seputar ilustrasi yang bisa menjadi tempat menggali inspirasi bagi Anda. Sering-seringlah berkunjung pada website tersebut saat Anda sedang membutuhkan inspirasi.

Di samping itu, Anda juga bisa memanfaatkan generator otomatis. Ada beberapa website generator otomatis yang akan menawarkan beberapa frasa sebagai sumber inspirasi.

Dengan memanfaatkan website seperti ini, Anda tidak perlu susah-susah berpikir tentang tema besar ilustrasi atau bahkan pesan yang akan disampaikan dalam ilustrasi.

Amati sekeliling Anda

Inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja, termasuk di lingkungan sekitar Anda. Anda mungkin berusaha terlalu keras dalam mendesain ilustrasi sehingga melupakan lingkungan sekitar. Padahal jika Anda jeli, ada banyak inspirasi untuk ilustrasi yang bisa didapat dari lingkungan sekitar.

Coba sisihkan waktu dalam sehari untuk duduk diam dan mengamati lingkungan sekitar Anda. Anda juga bisa pergi ke tempat ramai untuk melakukan observasi. Dalam pengamatan tersebut, tentu akan muncul beberapa hal yang menarik bagi Anda.

Kembangkan hal menarik tersebut menjadi sebuah ide, kemudian tuangkan dalam ilustrasi Anda. Dijamin, ilustrasi buatan Anda akan tampak lebih menarik dan unik.

Inspirasi untuk membuat desain ilustrasi memang tidak bisa hadir begitu saja. Anda perlu beberapa “pancingan” agar inspirasi tersebut hadir. Empat tips di atas bisa dicoba kapan pun Anda memerlukan inspirasi dalam membuat desain ilustrasi.

Cara-cara tersebut juga dimanfaatkan oleh para penyedia jasa illustration dari Fastwork.id. Dengan belajar dari lingkungan sekitar serta pengalaman menangani proyek ilustrasi, illustrator yang terhubung dengan Fastwork.id siap membantu proyek ilustrasi Anda kapan pun!

1 thought on “Cara Mendapatkan Inspirasi dalam Membuat Desain Ilustrasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *