Tips Mendesain Karakter yang Unik

Visual sering kali dianggap lebih menarik jika dibandingkan dengan kata-kata. Maka, tidak mengherankan jika banyak orang yang menggunakan gambar untuk menyampaikan pesan tertentu.

Salah satu jenis visual yang sering digunakan untuk menyebarkan pesan adalah karakter. Namun, jika dibandingkan dengan jenis visual yang lain, desain karakter dinilai lebih sulit dan rumit.

Nah, bagi Anda yang ingin mendesain karakter unik, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti.

special40

Untuk siapa karakter dibuat?

Sebelum mendesain karakter, pastikan Anda sudah tahu kepada siapakah karakter tersebut dibuat. Karakter yang ditujukan untuk anak-anak sekolah tentu akan berbeda dengan karakter yang ditujukan bagi pekerja kantoran.

Anda harus benar-benar menggali informasi tersebut dengan mendalam. Semakin detail, maka akan semakin baik pula.

Setelah Anda mengetahui target dari desain karakter tersebut, coba bayangkan karakter tersebut benar-benar hidup. Siapa namanya, makhluk seperti apa ia, bagaimana sifat dan latar belakangnya, bangunlah detail semacam ini dengan saksama. Hal ini akan membuat karakter terasa benar-benar dekat dengan target.

Lakukan riset

Setelah Anda tahu target dari desain karakter beserta informasi pendukungnya, coba lakukan riset. Buka buku komik lama Anda, tonton film animasi terbaru, atau lihat karakter produk favorit Anda.

Dari situ Anda bisa tahu kira-kira seperti apa karakter yang disukai dan cenderung mudah diingat. Anda juga tidak harus mencari inspirasi dengan cara yang sulit. Bagaimanapun juga, inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja.

Coba amati lingkungan sekitar Anda, barangkali ada sesuatu yang unik dan bisa dijadikan inspirasi utama untuk desain karakter. Intinya, cobalah berpikir kreatif saat mendesain karakter.

Tidak ada salahnya melebih-lebihkan karakter

Seperti apa character design yang baik? Jelas ada banyak sekali hal yang bisa dijadikan indikator, namun Anda tentu sepakat jika karakter yang menarik adalah karakter yang benar-benar memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga:  7 Alasan Menggunakan Ilustrasi dalam Desain Anda

Karakter Doraemon bisa menarik perhatian banyak orang karena memilki ciri yang unik, berwarna biru, bulat, namun menyerupai kucing. Anda pun bisa membuat desain karakter yang menarik. Caranya adalah dengan melebih-lebihkan karakter.

Taktik ini sukses diterapkan pada karakter Popeye. Untuk membuat karakter Popeye terlihat kuat, sang creator mendesainnya dengan tangan yang sangat berotot.

Anda pun bisa melebih-lebihkan desain karakter. Misalnya untuk karakter penyanyi, Anda bisa membuat karakter memegang microphone super besar.

Hati-hati dengan warna

Saat sedang mendesain karakter, Anda juga harus berhati-hati dengan warna. Ini karena setiap warna yang ada memiliki makna tersendiri dan hal tersebut pun biasanya berlaku dalam desain karakter.

Contoh yang paling sering dijumpai adalah penggunaan warna merah untuk karakter yang memiliki sifat jahat dan warna putih untuk karakter bersifat baik.

Warna juga bisa membuat karakter Anda lebih menonjol. Kembali pada Doraemon, warnanya yang biru jelas tidak akan Anda temukan pada kucing mana pun sehingga karakter tersebut pun terlihat lebih menonjol.

Merancang desain karakter memang bukan hal yang mudah, terlebih jika Anda menginginkan desain karakter yang benar-benar unik dan berbeda. Selain menerapkan tips di atas, Anda juga dapat merekrut desainer karakter professional.

Fastwork.id siap membantu Anda untuk itu. Fastwork.id terhubung dengan para tenaga ahli desain karakter. Seluruh proses pun transparan sehingga Anda bisa mengawasi dengan mudah. Segera gunakan Fastwork.id untuk desain karakter yang unik dan menarik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top