7 Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Manajer Media Sosial

Saat ini juga sudah mulai dipelajari oleh kebanyakan orang. Terutama mereka yang memiliki pekerjaan sebagai manajer media sosial.

Manajer media sosial sendiri termasuk salah satu jabatan yang terdengar mudah. Tapi dalam hal ini juga tetap membutuhkan banyak keterampilan dan kreativitas yang ada.

Selain itu popularitas dari media sosial sudah semakin tinggi dan membuat banyak pemasaran menjadi sangat berharga.

Apalagi dalam membantu perusahaan untuk meraih pengguna atau konsumen dalam jumlah yang besar.

Keterampilan Wajib Seorang Manajer Media Sosial

Mampu membuat konten menarik

Dalam 7 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer media sosial, salah satunya dengan memiliki kemampuan untuk membuat konten menarik.

Jadi bagi freebuddies yang kesulitan dalam membuat konten, saat ini ada penyedia konten cukup banyak di internet.

Terdapat aneka platform dengan berbagai cara penyajian yang tentunya menarik. Konten tersebut terdiri dari video, gambar dan teks. Freebuddies membutuhkan skill menulis yang baik dan hal ini telah menjadi suatu keharusan.

Rajin mengikuti tren

Untuk mengetahui tren yang sedang berlaku, freebuddies dapat mencari tahunya dari beberapa media yang sudah terpercaya dan hal tersebut menjadi salah satu alat yang cukup ampuh.

Tapi tetap saja harus lebih waspada, karena jika sampai salah dapat menjadi bumerang.

Jadi ada baiknya untuk mengeksekusi berita yang ada dan diteliti terlebih dahulu. Jika mengalami kesulitan dalam menemukan tren terkini, freebuddies dapat menggunakan beberapa alat bantu lainnya. Seperti Scoop.it atau yang lainnya.

Mampu melakukan perencanaan dan analisis

Promosi melalui media sosial tetap membutuhkan evaluasi dan perencanaan. Hal ini masuk dalam 7 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer media sosial.

Karena setiap media sosial sendiri memiliki banyak metrik analitis berbeda. Seperti reach, view dan yang lainnya.

Sedangkan data di luar metrik analitik seperti jumlah lead yang dihasilkan dan dapat menjadi data pendukung. Selain itu perilaku dari pengguna media sosial sendiri akan memberikan dampak yang besar pada keberhasilan promosi.

Jadi ada baiknya untuk menggunakan kalender dalam mengatur jadwal konten yang akan dimunculkan.

Memiliki rekam jejak terpercaya

Dengan memiliki rekam jejak terpercaya, maka bagi banyak orang hal tersebut menjadi istimewa. Jika ada seseorang yang pernah diberhentikan dari jabatan manajer media sosial karena masalah perusahaan lain, maka sebaiknya berfikir 2 kali sebelum mulai merekrutnya.

Ada baiknya untuk tetap berhati-hati dan pastikan supaya kejadian serupa tidak terulang di tempat freebuddies.

Keahlian dasar manajer media sosial

Copywriting

Keterampilan berikutnya dari 7 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer media sosial dengan memiliki keahlian dasar.

Seorang manajer sosial media selain harus memiliki sifat seperti di atas, ada juga beberapa keahlian yang harus dimiliki.

Keahlian tersebut merupakan Copywriting atau penulisan yang merupakan keahlian dasar dan wajib dimiliki untuk semua area marketing.

Karena tanpa adanya cerita yang menarik, maka akan lebih sulit untuk meningkatkan engagement dan klik pada unggahan sosial media. Cara tersebut dapat dilakukan dengan before, after dan bridge.

Public speaking

Saat freebuddies menjadi seorang media sosial, maka media yang digunakan akan cukup banyak dan menggunakan fitur aplikasi yang tersedia.

Seperti saat freebuddies menggunakan aplikasi secara live melalui Instagram, Facebook dan Periscope.

Maka para marketers juga akan semakin tertarik dengan video live atau siaran langsung yang dibuat. Hal ini karena video live menyediakan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung, terutama dengan audiens.

Itulah 7 keterampilan yang harus dimiliki seorang manajer media sosial yang dapat freebuddies pelajari sebelum menjadi seorang manajer media sosial.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *