Cara Menghitung ROI Media Sosial untuk Bisnis

cara menghitung roi media sosial

Berbisnis melalui media sosial tentu saja saat ini banyak sekali peminatnya. Pemasaran yang mudah dan pangsa pasar yang menarik membuat banyaknya orang mencoba keberuntungan berinvestasi dan berbisnis melalui media sosial, baik facebook, whatsapp, BBM dan media sosial lainnya.

Lalu bagaimana bagi hasil atau keuntungan yang akan kita dapatkan? Mungkin banyak di antara freebuddies yang khawatir kalau bisnis dan investasi di media sosial itu tidak aman.

Tenang saja, freebuddies dapat melakukan cara menghitung ROI media sosial untuk bisnis, masih bingung? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut cara menghitung ROI (Return on Investment)

special40

Apa itu ROI?

Mungkin bagi freebuddies kurang paham apa itu ROI? Jadi ROI merupakan pembagian laba atau keuntungan dari sebuah investasi yang sudah disepakati.

Keberhasilan dari ROI sendiri tergantung dari pendapatan yang di hasilkan. Lalu apa saja yang harus disiapkan untuk mulai menghitung ROI?

Koneksikan ROI dengan target bisnis

Tentu saja freebuddies sudah menerapkan target bisnis yang harus dicapai oleh media sosial yang bekerja sama. Maka freebuddies harus mengoneksikannya dengan ROI untuk mempermudah perhitungan.

Misalkan media sosial tersebut ditarget untuk menaikkan kunjungan maka bisa dipantau melalui viewer atau jumlah like dan komentar pada halaman media sosial tersebut.

Siapkan perangkat pendukung

Untuk cara menghitung ROI media sosial untuk bisnis, perangkat pendukung yang harus freebuddies siapkan antara lain, Google Analytics, Sales Force, dan Hotsuite Analytics untuk bisa memberikan data analisis yang freebuddies butuhkan.

Kalkulasi ROI media sosial

Setelah langkah-langkah di atas sudah freebuddies lakukan maka selanjutnya merupakan tugas pokok yang harus dilakukan.

Yakni memantau langsung bagaimana kinerja media sosial. Sehingga langsung terpampang bagaimana pencapaian target dari media sosial tersebut dan bisa langsung di lakukan evaluasi.

Sesuaikan untuk mengembangkan

Setelah selesai freebuddies melakukan pantauan, maka freebuddies bisa menentukan mana yang akan dilanjutkan dan dikembangkan, serta media sosial mana yang harus dihentikan.

Maka freebuddies pun selanjutnya harus mengatur strategi yang pas untuk mencapai laba yang diharapkan.

Cara Menghitung ROI Media Sosial untuk Bisnis Beserta Pembagian Laba

Tentukan target

Laba merupakan satu elemen penting mengenai sebuah bisnis. Baik melalui media offline maupun online tentu saja laba menjadi satu hal paling pokok yang dicari. Namun tentu saja perhitungan laba berbeda-beda tergantung bagaimana target dipenuhi.

Target sendiri bermacam-macam, ada target tambah jumlah followers, banyaknya pengunjung halaman, pembelian online, durasi menonton video, banyaknya di share, like dan komentar serta target-target online yang lainnya.

Monitor target freebuddies

Untuk membagikan laba investasi freebuddies harus terus memantau perkembangan target yang sudah diterapkan. Kemudian membangun strategi-strategi yang handal.

Tetapkan nilai finansial

Setelah freebuddies menentukan target dan juga memantau terus target tersebut, freebuddies harus menentukan nilai finansial yang akan dibagikan. Cara menghitung ROI media sosial untuk bisnis ada beberapa metode yang bisa diterapkan, antara lain:

  • Life time value yaitu sebuah perhitungan yang bisa freebuddies lakukan dengan pertimbangan keuntungan dari rata-rata konsumen
  • Nilai kunjungan finansial
  • Nilai rata-rata penjualan
  • Biaya pay per click atau PPC

Dari banyaknya metode yang ada, PPC atau Pay per Click paling sering dijadikan pilihan dan banyak menjadi pedoman dalam pembagian laba dalam bisnis melalui media sosial online.

Bagi freebuddies yang menginginkan berbisnis melalui media sosial tidak perlu khawatir, karena apa yang sudah freebuddies lakukan, waktu yang sudah freebuddies keluarkan akan terbayar dengan pembagian yang transparan. Kesuksesan pun akan dengan mudah freebuddies dapatkan.

banner fastwork id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *