Strategi Promosi Produk yang Tepat untuk Bisnis Kamu

strategi promosi produk

Kebanyakan orang akan cenderung lebih skeptis membeli produk atau layanan yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Inilah sebabnya, mengapa strategi promosi produk bisnis mutlak dibutuhkan agar bisnis mudah dikenal masyarakat.

Beberapa perusahaan menggunakan metode promosi yang berbeda. Ada yang memakai media cetak, online marketing, hingga memakai jasa konsultasi untuk menerapkan strategi promosi yang efektif.

Jika Anda ingin merilis produk atau layanan baru, Anda harus mempromosikannya dengan baik agar mudah diingat audiens. Berikut adalah beberapa cara kreatif mempromosikan produk bisnis atau layanan baru.

Gunakan Media Sosial

Situs web media sosial menawarkan metode promosi produk atau layanan dalam lingkungan yang lebih familiar di masyarakat. Strategi promosi memakai media sosial dianggap cara terbaik dan efektif. Pasalnya, media sosial terhubung langsung dengan calon pelanggan potensial dari berbagai belahan dunia.

Daripada hanya “mencoba menjual” sesuatu, perusahaan atau bisnis Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk berhubungan dengan audiens atau konsumen dengan tingkat yang lebih personal.

Pelanggan bisa berkomentar, memberi saran, masukan atau kritikan secara langsung, dan perusahaan Anda bisa langsung merespon. Kondisi ini akan menghadirkan citra perusahaan yang lebih menarik dan akrab

Bekerjasama dengan Influencer

Sebagai perusahaan yang mengusung brand tertentu, Anda bisa bermitra dengan beberapa influencer untuk kampanye dalam jangka panjang. Manfaat nyata dari dukungan kerja sama para influencer adalah peningkatan brand awareness.

Hal ini sangat penting dalam membantu meningkatkan citra merek, ketika para influencer sedang menggunakan atau memakai produk/layanan bisnis Anda.

Sebagai contoh, seorang travel blogger terkenal direkrut oleh perusahaan travel atau hotel untuk mem-posting perjalanannya ke tempat–tempat wisata terkenal di saluran media sosialnya.

Sepanjang kampanye dan perjalanannya, ia akan mendapat sponsor dan diminta mempromosikan brand perusahaan travel atau hotel tersebut. Ini akan membantu meningkatkan kesadaran merek yang saling menguntungkan kedua pihak, baik influencer maupun brand.

Manfaatkan Testimoni/Review

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk atau layanan baru adalah dengan membiarkan pelanggan berbicara dan berbagi review di media sosial pribadinya.

Ide cemerlang lainnya adalah memberikan hadiah atau merchandise menarik bagi pelanggan yang bersedia memberikan review atau testimoni tentang produk baru ini. Umumnya, pelanggan akan senang mencoba atau membeli produk baru, jika ada ulasan yang sangat bagus dari pelanggan lainnya.

Ads

Bicara tentang promosi produk bisnis, tidak bisa dilepaskan dari ads atau iklan. Saat ini brand atau bisnis bisa mempromosikan produk atau layanannya dengan sangat mudah. Bahkan, dana promosi bisa disesuaikan dengan anggaran yang sudah direncanakan.

Selain menggunakan media televisi atau radio dan surat kabar, ada banyak jenis jasa iklan yang ditawarkan saat ini. Tidak terkecuali, iklan melalui saluran media sosial seperti Facebook Ads dan Google Ads.

Tercatat ada 1,44 miliar pengguna aktif di Facebook. Ini berarti, peluang pemasaran online produk Anda sangat terbuka lebar. Platform iklan di saluran media sosial umumnya juga dilengkapi berbagai fitur penting.

Seperti penargetan iklan berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin, minat dan masih banyak lagi. Bahkan, pengiklan juga bisa mengatur jenis iklan atau membuat batasan jumlah dana iklan yang ingin dikeluarkan setiap hari atau bulanan.

Demikianlah strategi promosi yang bisa dilakukan perusahaan Anda. Anda tidak perlu menerapkan semua strategi promosi yang tersedia. Manfaatkan satu jenis metode saja, dan optimalkan semuanya di situ. Jadi kalau Anda bakal milih yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *