Cara Endorse Selebgram Agar Penjualan Meningkat Pesat

Pada jaman yang serba digital ini, melakukan pemasaran kian bervariasi yaitu tidak hanya menggunakan billboard dan iklan di TV saja seperti jaman dulu, namun kini sudah banyak yang sudah mempraktekkan pemasaran / marketing melalui sosial media. Salah satu teknik pemasaran digital yang kini sedang digandrungi adalah endorsement Instagram. Biasanya selebgram akan menawarkan paket endorse yang terdiri endorse feed saja atau story saja maupun endorse di feed dan story. Cara endorse selebgram tidaklah susah, ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan endorsement.

Sudah banyak pelaku bisnis yang melakukan praktek endorsement ini dan akhirnya penjualan mereka pun meningkat drastis. Akan tetapi, tidak semua endorse akan menghasilkan leads yang bagus untuk bisnis Anda. Maka dari itu, mengetahui cara yang tepat untuk endorse selebgram sangatlah penting. Bila Anda menggunakan platform marketplace seperti Fastwork, maka mencari selebgram pun akan lebih mudah, apalagi bila Anda mengetahui langkah-langkah untuk menentukan selebgram mana yang sesuai untuk bisnis Ansa.

Cara Endorse Selebgram Untuk Diketahui Agar Penjualan Makin Laris

Cek Tipe Konten Selebgram

Cari tahu tentang jenis konten yang sering mereka hasilkan dan apa saja topik yang sering mereka bicarakan di instastory maupun konten feeds. Jika topik dari konten mereka masih berhubungan dengan bisnis yang dijalankan, maka selebgram tersebut bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Akan lebih baik lagi jika selebgram tersebut memiliki niche tertentu pada akun mereka sehingga kita bisa menebak apa interest dari pengikut mereka.

Cek Kualitas Konten Selebgram

Periksa bagaimana hasil dari konten yang mereka produksi setiap hari, apakah gambar atau videonya berkualitas bagus atau tidak. Lalu, lihat juga apakah konten mereka mengandung hal yang berbau SARA, perkataan kasar ataupun kekerasan. Jangan sampai konten Anda tiba-tiba tertahan karena si selebgram sedang terjerat undang-undang ITE.

Baca juga:  6 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif

Lihat Jumlah Followers

Kalian harus mengecek jumlah dari followers yang mereka miliki dan pastikan bila followers mereka bukan follower hasil dari tambah follower dengan bot. Cek beberapa akun di list followers si selebgram dan lihat jumlah postingan, followers dan following dari akun tersebut.

Lihat Jumlah Komentar dan Likes

Pastikan pengikut dari si selebgram tersebut adalah pengikut aktif yaitu dengan cara mengecek jumlah likes dan komentar yang mereka dapatkan. Cek juga bagaimana isi kolom komentar di sebuah postingan, dan lihat seberapa banyak komen yang benar-benar ditujukan ke seleb instagram alias bukan komentar jualan. Untuk endorse story, kalian juga bisa meminta ke selebgram data viewers story mereka loh!

Lihat Data Audiens Selebgram

Pastinya target market dalam suatu bisnis memiliki range usianya masing-masing. Maka dari itu, tanya si influencer soal data usia dan jenis kelamin dari audiens mereka. Hal ini penting karena kita perlu menyesuaikan dua data tersebut dengan target market yang sudah ditetapkan.

Lihat Hasil Konten Endorse dari Brand Lain

Yang terakhir, kalian bisa cek apakah si influencer ini pernah diendorse oleh brand lain. Jika iya, lihatlah konten endorsement tersebut dan perhatikan keseriusan si influencer dalam membuat postingan berbayar itu dan bagaimana mereka membuat caption. Walaupun caption bisa dibuat oleh pihak yang mengendorse namun akan lebih baik bila si influencer yang menulis sendiri captionnya agar sesuai dengan gaya bahasanya. Setelah itu jangan lupa cek komentarnya juga, apakah pengikutnya banyak yang aktif bertanya mengenai produk yang sedang dia iklankan atau malah membicarakan hal yang tidak berhubungan dengan konten endorse.

Sekian cara endorse selebgram yang bisa kalian coba agar bisa mendapatkan banyak penjualan setelah melakukan teknik digital marketing yang satu ini. Jangan patah semangat untuk mencoba teknik endorse ini walaupun pernah gagal yah! Semoga cara-cara tersebut bisa membantu kalian yang sedang ingin melakukan endorsement.

Baca juga:  7 Keuntungan Memiliki Toko Online yang Perlu Kamu Ketahui

Dapatkan dan sewa jasa freelancer terbaik yang tersedia di platform marketplace penyedia jasa Fastwork. Temukan jasa terkait lainnya seperti jasa foto produk, jasa copywriting, jasa iklan facebook dan instagram, jasa penambah followers, dan juga jasa branding bisnis untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda. Cari freelance yang sesuai dengan keinginan Anda dan komunikasikan hal-hal yang Anda butuhkan dengan freelancer melalu fitur chat yang sudah terintegrasi di Fastwork!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *