5 Manfaat Media Sosial untuk Bisnis UMKM

manfaat media sosial

Berjualan di media sosial adalah cara mudah yang bisa dilakukan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mendapatkan pembeli. Melalui media sosial, penjual bisa lebih dekat dengan pembeli. Kelebihan media sosial bisa menjadi pendorong bagi penjual untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Desain media sosial yang menarik dapat menjadi nilai tambah bagi UMKM yang berjualan di media sosial. Salah satu cara untuk mendesain media sosial adalah melalui desain banner unik. 

Selain menjadi tempat untuk berjualan, pemasaran di media sosial  menjadi sangat penting, sehingga para pelaku UMKM semakin mudah untuk merencanakan dan menyusun strategi untuk memanfaatkannya secara optimal demi keuntungan bisnis. Inilah manfaat media sosial paling utama untuk pemasaran bisnis UMKM.

Manfaat Media Sosial

Meningkatkan Kesadaran Merek

Karena basis data penggunanya yang sangat besar, media sosial adalah cara yang sangat efektif dan sangat murah untuk meningkatkan kesadaran merek dan menghasilkan pelanggan baru. Media sosial dapat dengan mudah menciptakan kedekatan dengan memberikan kesan positif bagi pelanggan, prospek di masa depan, dan pelanggan baru. Sebagian besar akun media sosial bisa digunakan secara gratis. Namun, akun harus dimanfaatkan dengan baik dan dipelihara dengan baik. Bisnis UMKM Anda harus aktif untuk mengembangkan koneksi kepada pelanggan. Kesadaran merek tidak hanya mempengaruhi pola dan perilaku pembelian pelanggan secara positif, tetapi juga semakin memperkuat loyalitas pelanggan.

Meningkatkan Traffic

Menurut data, lebih dari 80% pemasar mengklaim bahwa media sosial dapat berdampak pada traffic lintas situs web. Hal ini tidak mengherankan, mengingat fakta bahwa banyak orang menghabiskan banyak waktu di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, dan media sosial lainnya. Selain itu, terbukti bahwa semakin banyak media sosial yang Anda gunakan untuk berjualan, maka traffic akan semakin tinggi sehingga pelanggan yang membeli juga semakin banyak.

Meningkatkan Pemasaran Konten

Konten menjadi satu hal yang sangat penting dalam berjualan di media sosial, bahkan search engine seperti Google baru-baru ini mengubah algoritma mereka. Media sosial sangat membantu dalam mengatasi masalah ini. Berbagi konten pada bisnis Anda menjadi lebih mudah dan cepat melalui berbagai platform media sosial. Namun demikian, saat berbagi konten di platform sosial, Anda perlu memastikan bahwa konten sosial tidak hanya relate dengan merek Anda, tetapi juga harus mampu membangkitkan minat dan perhatian pelanggan.

Peningkatan Penjualan

Semakin banyak orang terlibat dengan merek Anda dan semakin banyak followers, semakin besar peluang UMKM untuk sukses meningkatkan penjualan. Peningkatan jumlah like, share, atau rekomendasi konten terjadi di berbagai platform media sosial dan mengarah pada peningkatan penjualan produk dan layanan Anda.

Pelaku UMKM yang menjual produk melalui media sosial perlu memahami bahwa di media sosial audiens akan sangat pekat terhadap setiap konten yang diberikan. Contohnya, pada penulisan caption di produk yang Anda unggah. Saat ini tersedia jasa penulisan caption atau freelance copywriter, yang akan membantu Anda dalam penulisan deskripsi produk dan promosi produk di media sosial. 

Manfaat media sosial tersebut dapat Anda pertimbangkan untuk menampilkan produk dengan sebaik mungkin. Pastikan Anda memberikan tampilan terbaik kepada calon pelanggan melalui foto produk yang layak. Anda bisa menggunakan jasa foto untuk memfoto produk yang Anda jual agar terlihat proper dan menarik untuk dilihat serta mampu mendorong pembelian. Pilih jasa foto produk di Fastwork. Melalui Fastwork, foto produk yang akan Anda unggah di media sosial akan terlihat bagus dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *